BIMBINGAN ORANG TUA DALAM MENGATASI PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA REMAJA DI KENAGARIAN ALAHAN NAN TIGO KABUPATEN DHARMASRAYA

Rosita, Rosita (2022) BIMBINGAN ORANG TUA DALAM MENGATASI PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA REMAJA DI KENAGARIAN ALAHAN NAN TIGO KABUPATEN DHARMASRAYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Rosita_1512020023_Cover,dll - Nilmala Sari.pdf

Download (896kB)
[img] Text
Rosita_1512020023_Bab I - Nilmala Sari.pdf

Download (490kB)
[img] Text (Bab II)
Rosita_1512020023_Bab II - Nilmala Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
Rosita_1512020023_Bab III - Nilmala Sari.pdf

Download (264kB)
[img] Text (Bab IV)
Rosita_1512020023_Bab IV - Nilmala Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
Rosita_1512020023_Bab V-Daftar Pustaka - Nilmala Sari.pdf

Download (164kB)
[img] Text (Fulltext)
Rosita_1512020023_Fulltext - Nilmala Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjaan yang membuat berkurang waktu untuk bersama anaknya, sehingga anak menjadi mudah untuk berpergian ke luar rumah dan menghabiskan waktu bermain bersama teman-temannya. Akibatnya ditemukan beberapa remaja terlibat dalam penyalahgunaan narkoba di Kenagarian Alahan Nan Tigo Kabupaten Dharmasraya. Perilaku penyalahgunaan narkoba merupakan perilaku yang melangar norma agama, melanggar hukum, kesusilaan, dan adat istiadat, hal itu menimbulkan kekhawatiran pada orang tua jika anaknya terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Peneliti tertarik memahami secara mendalam bagaimana bimbingan orang tua dalam mengatasi penyalahgunaan narkoba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan orang tua dalam mengatasi penyalahgunaan narkoba pada remaja di Kenagarian Alahan Nan Tigo Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitan ini, yaitu orang tua, remaja yang terlibat penyalahgunaan narkoba serta tokoh masyarakat. Teknik dan pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi dan wawancara langsung sebanyak 6 orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bimbingan orang tua dalam mengatasi penyalahgunaan narkoba melalui nasehat di Kenagarian Alahan Nan Tigo Kabupaten Dharmasraya bahwa orang tua selalu memberikan nasehat kepada anak-anaknya melalui pemahaman bahaya narkoba, seperti merusak fisik juga akan merusak kehidupan yang baik, sehingga dengan penjelasan tersebut mereka bisa membedakan mana yang baik dan mana yang akan dapat merusak mereka. Dengan cara mengingatkan akan bahayanya narkoba baik itu terhadap lingkungan maupun terhadap diri sendiri dan orang tua memberikan pengetahuan kepada anak tentang larangan menjual dan mengkonsumsi narkoba. (2) Bimbingan orang tua dalam mengatasi penyalahgunaan narkoba melalui pengawasan di Kenagarian Alahan Nan Tigo Kabupaten Dharmasraya bahwa orang tua membatasi pergaulan anak untuk menghindari pergaulan bebas dengan cara mengatur waktu anak-anak mereka dalam menjalani aktivitas sehari- hari dan bisa membagi waktu untuk anak- anak mereka miskipun dalam keadaan sesibuk apapun. Juga orang tua sudah memantau keberadaan anak saat di rumah maupun saat berada di luar rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 16 Aug 2022 09:19
Last Modified: 29 Aug 2022 07:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10476

Actions (login required)

View Item View Item