INTERAKSI PENDIDIK DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI ILMU PENGETAHUAN KEAGAMAAN

Feby Aria Pratama, Feby (2019) INTERAKSI PENDIDIK DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI ILMU PENGETAHUAN KEAGAMAAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Point B.pdf

Download (344kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (391kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (340kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Point D.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Point E.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Interaksi Pendidik Dengan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI Ilmu Pengetahuan Keagamaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Pesisir Selatan” ditulis oleh Feby Aria Pratama Madrasah Aliyah Negeri BP 1414090284. Prodi keguruan, Universitas Islam Negeri (U Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, tahun 2019. Penelitian ini dengan peserta didik, seperti keduanya kurang bertegur sapa, ketika peserta didik melakukan hal baik seperti halnya mengobrol dengan tema peserta didik kurang ditegur oleh pendidik pembelajaran masih ada be ketika belajar peserta didik kurang menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh pendidik. Fokus penelitian peserta didik dalam pembelajaran Selatan dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui peserta didik, usaha pendidik terhadap peserta didik dalam membangun interaksi bentuk hambatan interaksi peserta didik dengan pendidik, pengaruh in pendidik terhadap sikap peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah ini dilatarbelakangi oleh permasalahan interaksi pendidik dengan peserta didik, seperti ketika peserta didik bertemu dengan pendi keduanya kurang bertegur sapa, ketika peserta didik melakukan hal baik seperti halnya mengobrol dengan temannya ketika proses pembelajaran peserta didik kurang ditegur oleh pendidik, ketika pendidik akan memulai masih ada beberapa peserta didik yang berada diluar ketika belajar peserta didik kurang menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh Fokus penelitiannya adalah bagaimana Interaksi pendidik dengan peserta didik dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPK 1 di MAN 1 Pesisir dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui kedekatan antara pendidik dan peserta didik, usaha pendidik terhadap peserta didik dalam membangun interaksi bentuk hambatan interaksi peserta didik dengan pendidik, pengaruh in pendidik terhadap sikap peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian adalah pendidik sejarah, peserta didik dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah ob reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah pendidik sejarah, peserta didik dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah observasi, teknik analisis data yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Interaksi Pendidik Dengan Peserta Didik Dalam Ilmu Pengetahuan Keagamaan 1 Di Feby Aria Pratama, Konsentrasi Sejarah, Fakultas Tarbiyah dan asil penelitian bentuk hubungan kedekatan antara pendidik dengan peserta didik sudah baik terlihat memulai pembelajaran berada didalam kelas dengan kondisi kelas sudah rapi berkeliaran lagi diluar siap untuk belajar. Bentuk usaha pendidik interaksi pembelajaran sejarah yaitu dengan menggunakan berbagai pendidik juga memberikan motivasi Hambatan interaksi pesert tentang sejarah rendah serta lemahnya motivasi dalam diri peserta didik dan materi pembelajaran juga tidak sesuai didik. Pengaruh interaksi pendidik terhadap peserta didik pemahaman peserta didik dimengerti, dapat meningkatkan menyampaikan pendapatnya terlihat ketika peserta didik lebih berani dipahaminya, sehingga berani menyampaikan pendapatnya peserta didik yaitu ada beberapa peserta didik yang dongkol kepada pendidik ketika ditegur dan menyebab kelas. terlihat dari respon peserta didik kepada pendidik memulai pembelajaran sudah tampak tingkah laku yang baik, mereka sudah kelas dengan kondisi kelas sudah rapi dan peserta didik berkeliaran lagi diluar ketika pendidik masuk, peserta didik sudah dalam keadaan Bentuk usaha pendidik terhadap peserta didik dalam membangun pembelajaran sejarah yaitu dengan komunikasi verbal dan no berbagai pendekatan, strategi dan metode yang khusus pendidik juga memberikan motivasi terhadap peserta didik ketika belajar. Hambatan interaksi peserta didik dengan pendidik disebabkan pengetahuannya tentang sejarah rendah serta lemahnya motivasi dalam diri dan semangat orang tua peserta didik dan materi pembelajaran juga tidak sesuai dengan minat peserta Pengaruh interaksi pendidik terhadap peserta didik dapat haman peserta didik tentang materi sejarah, pelajaran menjadi mudah dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik pendapatnya, meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik peserta didik lebih berani bertanya mengenai materi yang kurang sehingga membuat peserta didik lebih kreatif dari biasanya mpaikan pendapatnya di kelas. Kemudian pengaruh negatifnya bagi peserta didik yaitu ada beberapa peserta didik yang dongkol kepada pendidik tika ditegur dan menyebabkan peserta didik semakin tidak berani berinteraksi di iii , tahun 2019. oleh permasalahan interaksi pendidik ketika peserta didik bertemu dengan pendidik keduanya kurang bertegur sapa, ketika peserta didik melakukan hal-hal yang tidak nnya ketika proses pembelajaran ndidik akan memulai diluar kelas, dan ketika belajar peserta didik kurang menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh Interaksi pendidik dengan XI IPK 1 di MAN 1 Pesisir kedekatan antara pendidik dan peserta didik, usaha pendidik terhadap peserta didik dalam membangun interaksi, bentuk hambatan interaksi peserta didik dengan pendidik, pengaruh interaksi pendidik terhadap sikap peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah pendidik sejarah, peserta didik dan kepala sekolah. Teknik servasi, teknik analisis data yakni pengumpulan data, antara pendidik dengan peserta pendidik ketika akan h tampak tingkah laku yang baik, mereka sudah peserta didik tidak , peserta didik sudah dalam keadaan dalam membangun komunikasi verbal dan nonverbal, strategi dan metode yang khusus, dan terhadap peserta didik ketika belajar. kan pengetahuannya dan semangat orang tua dengan minat peserta dapat meningkatkan ajaran menjadi mudah rasa percaya diri peserta didik untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik yaitu mengenai materi yang kurang dari biasanya dan emudian pengaruh negatifnya bagi peserta didik yaitu ada beberapa peserta didik yang dongkol kepada pendidik kan peserta didik semakin tidak berani berinteraksi di

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 16 Aug 2022 05:22
Last Modified: 16 Aug 2022 07:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10473

Actions (login required)

View Item View Item