PENGEMBANGAN LKPD MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PhET) PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI

Vani Agustria, Vani (2019) PENGEMBANGAN LKPD MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PhET) PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover, persetujuan pembimbing, abtrak.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (509kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL Vani Agustria.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Vani Agustria. Nim 1414080145. Pengembangan LKPD Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Physics Education Technology (PhET) Pada Pembelajaran Fisika SMA Kelas XI. Skripsi. Jurusan Tadris IPA Konsentrasi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi proses belajar mengajar di sekolah masih berpusat pada pendidik. Pendidik jarang melakukan kegiatan laboratorium dikarenakan alat-alat laboratorium kurang lengkap. Belum tersediannya LKPD yang melatih siswa dalam menemukan konsep fisika terutama dalam kegiatan praktikum. Penggunaan LKPD dapat dijadikan sebagai alternatif untuk membangkitkan minat belajar fisika peserta didik. Oleh karena itu dikembangkanlah LKPD menggunakan model discovery learning berbasis physics education technology (PhET). Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD menggunakan model discovery learning berbasis physics education technology (PhET) untuk membangkitkan minat belajar fisika peserta didik pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar serta teori kinetik gas sehingga layak digunakan dalam pembelajaran di SMA N 1 Luhak Nan Duo Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Model pengembangan ini terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan angket efektifitas. Uji validitas LKPD diberikan kepada lima orang validator ahli dinilai dari aspek materi/isi, media/kontruksi, dan bahasa. Uji praktikalitas LKPD diberikan kepada dua orang pendidik fisika dan 12 orang peserta didik kelas XI SMA N 1 Luhak Nan Duo. Uji efektifitas diberikan kepada 25 orang peserta didik kelas XI SMA N 1 Luhak Nan Duo dinilai dari aspek minat belajar fisika peserta didik. Hasil validasi LKPD menggunakan model discovery learning berbasis physics education technology (PhET) pada materi dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar diperoleh nilai rata-rata 90,47 % kategori sangat valid. Hasil praktikalitas diperoleh nilai rata-rata 90,14 % kategori sangat praktis. Hasil efektivitas diperoleh nilai rata-rata 85,45 % kategori sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Berdasarkan penelitian pengembangan dan analisis data telah dihasilkan LKPD menggunakan model discovery learning berbasis physics education technology (PhET) untuk materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar serta teori kinetik gas sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran fisika kelas XI SMA N 1 Luhak Nan Duo Pasaman Barat. KataKunci : LKPD, Discovery Learning, PhET, dan 4D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:54
Last Modified: 11 Aug 2022 06:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10461

Actions (login required)

View Item View Item