PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI QUIPPER SCHOOL PADA MATERI KALOR DAN TEORI KINETIK GAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

Sisca Febriani, Sisca (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI QUIPPER SCHOOL PADA MATERI KALOR DAN TEORI KINETIK GAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
2. Cover, Pengesahan dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB III.pdf - Published Version

Download (573kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB V.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text
9. FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sisca Febriani. Nim 1414080600. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quipper School pada Materi Kalor dan Teori Kinetik Gas untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika Siswa. Skripsi, Tadris IPA-Konsentrasi Fisika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.2018. 134 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidik fisika di sekolah lebih sering membahas teori dari buku pegangan yang digunakan, kemudian memberikan rumus-rumusnya, lalu memberikan contoh soal tanpa menggunakan media yang interaktif, media yang digunakan tidak menarik, tidak menyenangkan dan membosankan untuk pembelajaran. Pada saat proses pembelajaran peserta didik di izinkan untuk mengakses smartphone dan tablet untuk menggali informasi dalam pembelajaran, tetapi mayoritas peserta didik menggunakan smartphone untuk keperluan SMS, chatting, bermain jejaring sosial, bermain games, mendengarkan lagu dan fotografi. Kenyataannya penggunaan smartphone tersebut lebih banyak digunakan untuk kegiatan di luar pembelajaran, penggunaan dalam proses pembelajaran kurang dimanfaatkan secara optimal. Permasalahan tersebut dapat diatasi salah satunya dengan menggunakan media berbasis E-Learning. Salah satu jenis e-learning adalah Quipper School. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Quipper School pada materi kalor dan teori kinetik gas kelas XI MAN 3 Pasaman Barat yang valid,praktis,dan efektif. Penelitian ini termasuk penelitian Research and Development (R&D) menggunakan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yakni Define, Design, Development, Disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan angket efektifitas. Uji validitas diberikan kepada 5 orang validator ahli dinilai dari aspek materi/isi, media/kontruksi, dan bahasa. Uji praktikalitas media diberikan kepada 2 orang pendidik fisika dan 15 orang peserta didik kelas XI IPA 1 MAN 3 Pasaman Barat dinilai dari aspek kemudahan dalam proses penggunaan(praktis). Uji efektifitas diberikan kepada 25 orang peserta didik kelas XI IPA 1 MAN 3 Pasaman Barat dinilai dari aspek minat belajar fisika peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah telah dihasilkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Media tersebut valid baik dari segi materi, media dan bahasa dengan nilai rata-rata 93,14% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media tersebut mempunyai nilai rata-rata yaitu 90,58% dengan kategori sangat praktis, sedangkan untuk keefektifan produk diperoleh nilai rata-rata yaitu 85,63% dengan kategori sangat efektif. Kata kunci : Pembelajaran Fisika, Minat Belajar, Quipper School

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:46
Last Modified: 11 Aug 2022 06:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10460

Actions (login required)

View Item View Item