Ririn Permata Sari, Ririn (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA/MA PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
COVER, PPB, ABSTRAK.pdf - Published Version Download (278kB) |
|
Text
13. BAB 1.pdf - Published Version Download (160kB) |
|
Text
14. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
|
Text
15. BAB III.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
16. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
17. BAB V.pdf - Published Version Download (92kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (120kB) |
|
Text
SKRIPSI RIRIN FULL OKE.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Ririn Permata Sari, Nim.1414080390, Pengembangan Bahan Ajar ELearning Berbasis Edmodo Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA/MA Pada Materi Keseimbangan Dan Dinamika Rotasi. Skripsi: Tadris IPA Konsentrasi Fisika, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2019, 106 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya konten-konten pembelajaran Fisika berbasis E-Learning yang bisa diakses secara luas, kapan saja dan dimana saja. Sebagian besar peserta didik sudah memiliki Smartphone, tetapi belum banyak digunakan untuk meningkatkan perhatian peserta didik dalam belajar. Peserta didik hanya menerima apa yang dijelaskan pendidiknya, merasa jenuh untuk mengikuti pembelajaran karena hanya membaca buku teks dan belum memiliki pemahaman sendiri tentang materi yang dipelajari. Sehingga memicu kurangnya kemandirian belajar peserta didik terhadap pembelajaran Fisika. Oleh karena itu, diperlukan suatu aplikasi untuk membuat bahan ajar yang menarik bagi peserta didik yaitu dengan membuat bahan ajar e-learning. Software yang membantu mengembangkan bahan ajar e-learning ini adalah aplikasi jejaring sosial Edmodo. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan bahan ajar e-learning berbasis Edmodo untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPA SMA/MA pada materi keseimbangan dan dinamika rotasi yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan ini adalah model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu mulai dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan angket efektifitas. Uji validitas media diberikan kepada 5 orang validator ahli dinilai dari aspek materi/isi, media/kontruksi, dan bahasa. Uji praktikalitas media diberikan kepada 2 orang pendidik Fisika dan 12 orang peserta didik kelas XI IPA 2 MAN 1 Padang dinilai dari aspek kemudahan dalam proses penggunaan. Uji efektifitas diberikan kepada 30 orang peserta didik kelas XI i IPA 3 MAN 1 Padang dinilai dari aspek kemandirian belajar peserta didik. Hasi penelitian ini adalah telah dihasilkan bahan ajar e-learning berbasis Edmodo untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPA SMA/MA yang valid, praktis, dan efektif. Bahan ajar tersebut valid baik dari segi materi, media dan bahasa dengan nilai 90.14% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan bahan ajar tersebut mempunyai nilai rata-rata yaitu 83.53% dengan kategori sangat praktis, sedangkan untuk keefektifan produk diperoleh nilai ratarata yaitu 85.79% dengan kategori sangat efektif. Kata Kunci : Bahan Ajar E-Learning, Edmodo, Kemandirian Belajar, Keseimbangan dan Dinamika Rotasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Evalina Eva Pustakawan |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 06:39 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 06:39 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10459 |
Actions (login required)
View Item |