PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI AUTOPLAY MEDIA STUDIO PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN SUHU DI KELAS VII SMPN 3 GUNUNG TALANG

Nelfiati, Nelfiati (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI AUTOPLAY MEDIA STUDIO PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN SUHU DI KELAS VII SMPN 3 GUNUNG TALANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Cover Pengesahan dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (525kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text
FULL GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nelfiati. 1414080721. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Autoplay Media Studio pada Materi Klasifikasi Materi dan Suhu di Kelas VII SMPN 3 Gunung Talang. Skripsi. Tadris IPA Konsentrasi Fisika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. 2018. 1133. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang berbantuan komputer ataupun media pembelajaran yang dibuat dengan bantuan aplikasi sehingga peserta didik merasa pelajaran IPA/fisika kurang menarik dan kurang meningkatkan motivasi belajar peserta didik.Solusi yang ditawarkan untuk permasalahan ini adalah dengan mengembangkan media pembelajaran berbantuan Aplikasi Autoplay Media Studio pada materi klasifikasi materi dan suhu yang disiapkan oleh seorang pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbantuan Aplikasi Autoplay Media Studio pada materi klasifikasi materi dan suhu dengan kualitas produk valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran fisika/IPA di kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4-D mulai dari tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develope), dan tahap penyebaran (disseminate). Media pembelajaran berbantuan Aplikasi Autoplay Media Studio ini diuji validitasnya oleh satu orang ahli bahasa, dua orang ahli materi, dua orang ahli media, diuji praktikalitasnya oleh dua orang pendidik fisika/IPA dan 15 orang peserta didik serta diuji efektivitasnya oleh 25 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket yang menggunakan skala likert dan dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbantuan Aplikasi Autoplay Media Studio sangat valid menurut lima validator dengan persentase 90,63%. Media pembelajaran berbantuan Aplikasi Autoplay Media Studio sangat praktis dari segi isi, sajian, manfaat dan peluang penggunaan media pembelajaran menurut dua pendidik IPA/fisika dengan persentase 91,25% sedangkan menurut 15 peserta didik kelas VII SMPN 3 Gunung Talang dengan perolehan persentase 86,16%. Media pembelajaran berbantuan Aplikasi Autoplay Media Studio efektif digunakan menurut 25 peserta didik kelas VII SMPN 3 Gunung Talang dengan persentase 80,12%. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran berbantuan Aplikasi Autoplay Media Studio valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas VII di SMPN Gunung Talang. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Autoplay Media Studio, Motivasi Belajar, Suhu, Klasifkasi Materi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:08
Last Modified: 09 Aug 2022 08:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10446

Actions (login required)

View Item View Item