PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUALY) BERBANTU SWISHMAX 4 DALAM MATERI GERAK PADA MAKHLUK HIDUP DAN BENDA KELAS VIII MTsN 13 PESISIR SELATAN

Mutiara Elvina, Mutiara (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUALY) BERBANTU SWISHMAX 4 DALAM MATERI GERAK PADA MAKHLUK HIDUP DAN BENDA KELAS VIII MTsN 13 PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Cover, Persetujuan pembimbing, Abstrak.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mutiara Elvina.NIM. 1414080550. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectually) berbantu Swishmax 4.0 dalam Materi Gerak Pada Makhluk Hidup dan Benda di MTsN 13 Pesisir Selatan”. Skripsi. Padang.Tadris IPA Konsentrasi Fisika FakultasTarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang 2019. Fisika memiliki konsep yang abstrak dan terbilang sulit dimata peserta didik, sehingga membuat minat belajar peserta didik berkurang, hal tersebut membutuh gaya belajar yang sesuai dengan keadaan peserta didik. Namun, itu semua tidak cukup tanpa ada bantuan media pembelajaran agar materi tersebut tersampaikan dengan baik serta diminati oleh peserta didik. Maka salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) berbantu Swishmax 4. Media menggunakan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectually) sebagai model pembelajaran tapi juga berbantu Swishmax 4 yang memuat materi, video serta kuis, dilengkapi apersepsi, ayat al-Qur’an beserta murotalnya, animasi, dan musik pengiring sesuai pada materi gerak makhluk hidup dan benda. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy)berbantu Swishmax 4 dalam materi gerak pada manusia dan benda kelas VIII di MTsN 13 Pesisir Selatan yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan minat belajar fisika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) model pengembangan 4-D dengan tahapan define, design, develop dan disseminate. Uji validitas media pembelajaran dilihat dari segi isi, media dan bahasa yang divalidasi oleh lima orang validator. Uji pratikalitas dilihat dari kemudahan dalam menggunakan media pembelajaran oleh dua orang pendidik IPA dan 20 peserta didik kelas VIII.B MTsN 13 Pesisir Selatan. Uji efektifitas media pembelajaran dengan melihat minat belajar peserta didik VIII.B MTsN 13 Pesisir Selatan. Instrumen yang digunakan untuk uji validitas, pratikalitas dan efektifitas adalah angket dengan skala Likert dan selanjutnya dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) berbantu Swishmax 4 dalam materi gerak pada makhluk hidup dan benda kelas VIII di MTsN sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif dengan kriteria sangat valid dengan rata-rata (89,03%), kriteria sangat praktis dengan rata-rata (88,7%) dan kriteria sangat efektif dengan rata-rata (87,61%). Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) berbantu Swishmax 4 dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas VIII MTsN 13 Pesisir Selatan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Swishmax 4.0, SAVI, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:57
Last Modified: 09 Aug 2022 07:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10445

Actions (login required)

View Item View Item