Haq, Abdel (2011) ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-’ALAQ: 1-5. Masters thesis, UIN IB PADANG.
Text (COVER)
A-COVER.pdf - Published Version Download (610kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (520kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (661kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (556kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text (FULLTEXT)
Z-FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Abdel Haq, NIM: 08804 608, "Aspek-Aspek Pendidikan Islam Dalam Surat al-’Alaq: 1-5 " tesis, Padang. Konsentrasi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang, 2011 Masalah pokok penelitian ini adalah apa saja komponen pendidikan Islam dalam surat al-`Alaq: 1-5. Sedangkan yang menjadi batasan permasalahan adalah: Pertama, aspek pendidik dalam surat al-`Alaq: 1-5. Kedua, aspek peserta didik dalam surat al-`Alaq: 1-5. Ketiga, aspek pembelajaran dalam surat al-`Alaq: 1-5. Keempat, aspek media pembelajaran dalam surat al-Alaq: 1-5. Kelima, aspek kurikulum dalam surat al-Alaq: 1-5. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap serta mengetahui apa saja aspek-aspek pendidikan Islam yang terdapat dalam surat al-‘Alaq: 1-5. Sedangkan kegunaannya adalah untuk menambah wawasan pemikiran dan pengetahuan penulis yang mengarah dalam bidang pendidikan. Khususnya mengenai aspek-aspek pendidikan Islam yang terdapat dalam surat al-‘Alaq dan Sebagai sumbangan informasi dan ilmu pengetahuan tentang nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam surat al-Alaq. Dalam penelitian tesis ini penulis menggunakan metode maudhu`i (tematik) dan tahlily (analisis). Hasil penelitian tersebut digambarkan secara deskriptif dan komparatif. Maka hasil yang penulis peroleh adalah bahwa komponen-komponen pendidikan Islam yang terkandung dalam surat al-`Alaq: 1-5 yang terkait dengan pendidik yaitu terdapat pada ayat 1. Yaitu adanya unsur-unsur pendidik disana dan al�Qur’an telah menuntut anak didiknya untuk menemukan kebenaran melalui usaha maksimal dengan memanfaatkan daya nalarnya dan menuntut agar materi yang disajikan dihayati kebenarannya melalui argumentasi logika. Jadi konsep pendidik yang terangkum disini adalah Allah sebagai pendidik yang mutlak yaitu adanya perintah membaca kepada Nabi Muhammad SAW padahal Nabi Muhammad pada waktu itu adalah seorang yang ummy (tidak pandai membaca dan menulis), ini membuktikan bahwa Allah SWT adalah seorang murabbi yang mengembangkan sesuatu setahap demi setahap hingga mencapai tingkat kesempurnaan. Komponen pendidikan Islam yang terkait dengan peserta didik juga terdapat pada ayat 1 dari surat al-’Alaq ini. Yaitu adanya perintah membaca yang berasal dari Allah untuk Nabi Muhammad, sedangkan yang dibaca itu obyeknya bermacam-macam, yaitu ada yang berupa ayat-ayat Allah yang tertulis sebagaimana surat al-Alaq itu sendiri dan dapat pula ayat-ayat Allah yang tidak tertulis seperti yang terdapat pada alam jagad raya dengan hukum kausalitas yang ada didalamnya dan pada diri manusia. Ayat-ayat tersebut jika dibaca dalam arti ditelaah, diobservasi, diidentifikasi, dikategorisasi, dibandingkan, dianalisa dan disimpulkan dapat menghasilkan ilmu pengetahuan Komponen pendidikan Islam yang terkait dengan proses pembelajaran terdapat pada ayat pertama surat al-’Alaq ini dan juga terdapat pada ayat 3, yaitu adanya kalimat iqra’ bismi rabbik yang menunjukkan bahwa al-Qur’an tidak sekedar memerintahkan untuk membaca, tapi membaca adalah lambang dari segala apa yang dilakukan oleh manusia, baik yang sifatnya aktif maupun pasif. Dan juga dalam memberikan ilmu tentunya adanya kasih sayang (akram) yang diberikan oleh pendidik terhadap peserta didik, agar proses dari pendidikan tersebut bisa tercapai dengan baik. Komponen pendidikan Islam yang terkait dengan media pembelajaran terdapat pada ayat 4. Yaitu perlunya alat/media dalam melakukan kegiatan, seperti halnya kalam yang diperlukan bagi upaya pengembangan dan pemeliharaan ilmu pengetahuan. ن Kalam dalam ayat ini tidak hanya terbatas pada arti sebagai alat tulis yang banyak digunakan oleh kalangan para santri dilembaga-lembaga pendidikan tradisional, melainkan juga mencakup berbagai peralatan yang dapat menyimpan berbagai informasi, mengakses dan menyalurkan nya secara cepat, tepat dan akurat, seperti halnya komputer, internet, faximile, micro filn km, video compact disc (VCD) dan lain�lain. Komponen pendidikan Islam yang terkait dengan kurikulum juga terdapat pada beberapa ayat dalam surat ini, berisi penjelasan tentang asal usul kejadian manusia beserta sebagian sifat-sifatnya yang negatif. Penjelasan ini sangat membantu dalam rangka merumuskan tujuan, materi dan metode pendidikan. Untuk itu manusia harus dididik dengan menggunakan kurikulum yang komprehensif yaitu kurikulum yang tidak hanya memuat materi pendidikan agama, melainkan juga pendidikan umum, karena pendidikan agama dan pendidikan umum itu sama-sama dibutuhkan oleh manusia
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Zulfitri |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 05:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 02:21 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10431 |
Actions (login required)
View Item |