PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 4 ALAHAN PANJANG KABUPATEN SOLOK

Intan Permata, Intan (2019) PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 4 ALAHAN PANJANG KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
2 COVER, PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (785kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14kB)
[img] Text
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Intan Permata, NIM. 1414070695 : Pengaruh Multimedia Interaktif pada Tema Panas dan Perpindahannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dan IPA Peserta Didik Kelas V MIN 4 Alahan Panjang Kabupaten Solok Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya nilai tematik pada pembelajaran Ilmu pengetahuan Alah (IPA) dan Bahasa Indonesia peserta didik di MIN 4 Alahan Panjang Kabupaten Solok tahun ajaran 2018/2019 yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh madrasah untuk mata pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia adalah 75. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya dalam pembelajaran masih didominasi oleh pendidik sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, selain itu peserta didik kurang berinteraksi dan kerja sama antara peserta didik lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA dan Bahasa Indonesia peserta didik kelas V MIN 4 Alahan Panjang Kabupaten Solok, yang menerapkan Multimedia Interaktif lebih baik dari hasil belajar peserta didik yang tidak menerapkan Multimedia Interaktif. Pada tahun ajaran 2018/2019 dengan hipotesis hasil belajar IPA dan Bahasa Indonesia peserta didik yang menerapkan Multimedia Interaktif lebih baik dengan yang tidak menerapkan Multimedia Interaktif, kelas V MIN 4 Alahan Panjang Kabupaten Solok tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasy Experiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MIN 4 Alahan Panjang dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang yang terdiri dari 2 kelas. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan Multimedia Interaktif, sedangkan kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran biasa. Penelitian dilaksnakan dari tanggal 21-29 Januari 2019. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes akhir. Hasil menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai kelas eksperimen 80,31 dan rata-rata nilai kelas kontrol 69,37. Berdasarkan hasil uji-t sehingga diperoleh thitung > ttabel (3,31 >2,04) dengan α= 0,05 pada taraf kepercayaan 95%. Maka keputusannya adalah Ho ditolak dan H1 diterima artinya hasil belajar IPA dan Bahasa Indonesia peserta didik yang menerapkan Multimedia Interaktif baik dari hasil belajar peserta didik yang tidak menerapkan Multimedia Interaktif pada kelas V MIN 4 Alahan Panjang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:41
Last Modified: 04 Aug 2022 02:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10410

Actions (login required)

View Item View Item