Helpian, Helpian (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APPYPIE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN DAN PENJUMLAHAN VEKTOR KELAS X SMAN 1 ENAM LINGKUNG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
2. COVER, PENGESAHAN, DAN ABSTRAK .pdf - Published Version Download (812kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf - Published Version Download (224kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
|
Text
5. BAB III.pdf - Published Version Download (289kB) |
|
Text
6. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
7. BAB V.pdf - Published Version Download (52kB) |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
|
Text
9. Full Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Helpian. Nim 1414080768. Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Appypie untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Pengukuran dan Penjumlahan Vektor Kelas X SMAN 1 Enam Lingkung. Skripsi, Tadris IPA-Konsentrasi Fisika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. 2019. 105 Halaman Penelitian ini dilatarbelakangi oleh media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran hanya dalam bentuk teks belum dilengkapi animasi, video serta ayat al-qur’an yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Kemudian kurangnya inovasi dalam media pembelajaran yang dapat mengikuti perkembangan zaman seperti kemajuan smartphone dan meningkatkan kemandirian dalam belajar. Peserta didik pada umumnya mempunyai handphone android, namun hanya digunakan untuk bermain games, media sosial dan alat komunikasi, tentu ini akan mengganggu proses belajar mereka. Untuk mengatasi persoalan tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang yang berisi animasi, video, dan ayat al-qur’an yang berhubungan dengan materi, dapat digunakan kapan saja dan dimana saja dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa, maka dirancanglah media pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis android menggunakan appypie. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android menggunakan appypie untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D), dengan model 4-D mulai dari tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Media pembelajaran berbasis android menggunakan appypie ini diuji validitasnya oleh 1 orang ahli bahasa, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, diuji praktikalitasnya oleh 2 orang pendidik fisika dan 20 orang peserta didik serta diuji efektifitasnya oleh 30 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket yang menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran fisika berbasis android menggunakan appypie sangat valid menurut 5 validator dengan nilai ratarata 88,33%. (2) media pembelajaran fisika berbasis android menggunakan appypie sangat praktis dari segi isi, sajian, manfaat, dan peluang penggunaan media pembelajaran menurut 2 pendidik fisika dengan nilai rata-rata 81,25% sedangkan menurut 20 peserta didik kelas SMAN 1 Enam Lingkung dengan perolehan nilai rata-rata 87,29% dan (3) media pembelajaran fisika berbasis android menggunakan appypie efektif digunakan menurut 30 peserta didik kelas X SMAN 1 Enam Lingkung dengan nilai rata-rata 87, 29%. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis android menggunakan appypie dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran fisika kelas X SMAN 1 Enam Lingkung. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Android, Appypie, Kemandirian Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Evalina Eva Pustakawan |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 02:28 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 02:28 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10409 |
Actions (login required)
View Item |