“Pengembangan Pembelajaran Matematika Kontekstual Islami Berbasi Literasi (PMKIL) di MTsN Bukittinggi

M. Imamuddin, Imamuddin (2021) “Pengembangan Pembelajaran Matematika Kontekstual Islami Berbasi Literasi (PMKIL) di MTsN Bukittinggi. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Salinan M. Imamuddin_1920090020_Cover dll - Dosen FTIK IAIN Bukittinggi.pdf - Published Version

Download (855kB)
[img] Text
Salinan M. Imamuddin_1920090020_BAB I - Dosen FTIK IAIN Bukittinggi.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
Salinan M. Imamuddin_1920090020_BAB III - Dosen FTIK IAIN Bukittinggi.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
Salinan M. Imamuddin_1920090020_BAB V-Daftar Pustaka - Dosen FTIK IAIN Bukittinggi.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
Salinan M. Imamuddin_1920090020_Fulltext - Dosen FTIK IAIN Bukittinggi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Isu utama dalam penelitian ini adalah Pembelajaran matematika yang dilaksanakan di MTsN Bukittinggi belum menunjang untuk tercapainya visi�misi pendidikan Islam dan madrasah, karena pembelajaran matematika yang dilaksanakan belum melibatkan atau mengaitkan konten dengan konteks�konteks Islami. Selain itu, kemampuan literasi matematika siswa terhadap permasalah matematika dalam konteks Islami sangat rendah, hal ini menandakan pembelajaran yang dilaksanakan di MTsN Bukittinggi belum menggambarkan adanya integrasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan Pembelajaran Matematika di MTsN Bukittinggi, 2) mengembangan Pembelajaran Matematika Kontekstual Islami berbasis Literasi (PMKIL) yang Validit, Praktias dan mempunyai Efek potensial (Efektif) dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, dan 3) mengetahui hasil kemampuan literasi matematika siswa yang mengikuti PMKIL lebih tinggi daripada kemampuan literasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Desain Research dengan langkah-langkah: 1) fase penelitian pendahuluan (preliminary research phase) dan 2) Formative Evaluation Phase. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh MTsN di Bukttinggi. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan Tes. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian meliputi: 1) Pelaksanaan pembelajaran, guru sudah melaksanakan dengan CTL namun belum maksimal dan belum mengaitkan konten dengan konteks-konteks Islami, 2) Diperoleh PMKIL yang valid, praktis dan mempunyai efek potensia (evektif) dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, 3) Kemampuan lieterasi matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kemampuan literasi matematika siswa kelas control. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah PMKIL dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil uji statistik Inferensial dan Anacova dan uji hipotesis melalui uji t yang menyatakan PMKIL berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan literasi matematika siswa, dan kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kemampuan literasi matematika siswa kelas kontrol

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:39
Last Modified: 03 Aug 2022 04:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10401

Actions (login required)

View Item View Item