PENGEMBANGAN MODUL FISIKA MATERI SUHU, KALOR DAN TEORI KINETIK GAS DENGAN MODEL POE (PREDICT- OBSERVE-EXPLAIN) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA

Harma Linda, Linda (2019) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA MATERI SUHU, KALOR DAN TEORI KINETIK GAS DENGAN MODEL POE (PREDICT- OBSERVE-EXPLAIN) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover - abstrak.pdf - Published Version

Download (719kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text
ful Skripsi-i-v.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Harma Linda 1414080095 Pengembangan Modul Fisika Materi Suhu, Kalor dan Teori Kinetik Gas dengan Model POE (Predict-Observe-Exxplain) dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi: Tadris IPA Konsentrasi Fisika, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2019, 1018 halaman. Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya ketersediaan bahan ajar yang dilengkapi model pembelajaran, bahan ajar yang digunakan belum mampu mengarahkan siswa menemukan, memperoleh pengetahuan baru dan membangun sendiri pengetahuannya, bahan ajar yang digunakan belum memotivasi peserta didik untuk membaca dan melatih kemandirian belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menghasilkan modul fisika materi suhu, kalor dan teori kinetik gas dengan model POE (Predict-Observe-Explain) yang valid, praktis dan efektif danUntuk menghasilkan modul fisika materi suhu, kalor dan teori kinetik gas dengan model POE (Predict-Observe-Explain) dalam meningkatkan motivasi peserta didik Model pengembangan ini adalah model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu mulai dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan angket efektifitas. Uji validitas media diberikan kepada 4 orang validator ahli dinilai dari aspek materi/isi, media/kontruksi, dan bahasa. Uji praktikalitas media diberikan kepada 2 orang pendidik fisika dan 10 orang peserta didik kelas XI 2 IPA MAN 1 Solok dinilai dari aspek kemudahan dalam proses penggunaan. Uji efektifitas diberikan kepada 24 orang peserta didik kelas XI 1 IPA dinilai dari aspek motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan analisis data, dapat dikemukakan bahwa modul fisika Materi Suhu, Kalor dan Teori Kinetik Gas dengan model POE (Predict-Observe-Explain) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA di MAN 1 Solok sudah valid, praktis, dan efektif. Modul tersebut valid dari segi materi, media dan bahasa dengan nilai 86,1 % dengan kategori sangat valid. Kepraktisan produk tersebut mempunyai nilai rata-rata 89,2 % dengan kategori sangat praktis. Sedangkan keefektifan produk mempunyai nilai rata-rata 91,45 % dengan kategori sangat tinggi motivasi belajarnya dengan modul dengan model POE. Kata Kunci : Modul Fisika, Materi Suhu, Kalor Dan Teori Kinetik Gas, Model POE (Predict-Observe-Exxplain), Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:13
Last Modified: 03 Aug 2022 04:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10395

Actions (login required)

View Item View Item