PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MIN KOTA SOLOK

Aprillia, Zona (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MIN KOTA SOLOK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
2. Cover, Persetujuan Pembimbing, dan Abstrak.pdf

Download (942kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf - Published Version

Download (455kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text
9. FULL ZONA APRILLIA PGMI FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika yang disampaikan pendidik di kelas masih bersifat teacher centered, sehingga pembelajaran menjadi kurang menyenangkan bagi peserta didik, kurang menggunakan media dalam pembelajaran sehingga hasil yang ingin dicapai kurang maksimal, rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika, peserta didik cenderung suka menunggu pekerjaan peserta didik lain, peserta didik tidak memperhatikan pembelajaran. Kenyataannya lebih dari 50% peserta didik kelas V yang tidak mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal 80 pada pembelajaran matematika. Pembelajaran akan berhasil jika pendidik menggunakan model dan metode yang tepat. Salah satunya pendidik dapat menerapkan model kooperatif tipe Course Review Horay dengan media konkret untuk meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran dan hasil belajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalahbagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif tipe Course Review Horay dengan media konkretkelas V MIN Kota Solok? Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan prosedur penelitian melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berkolaborasi dengan pendidik kelas V. Peneliti bertindak sebagai pengamat, sedangkan pendidik kelas V bertindak sebagai praktisi dalam pembelajaran, subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas V MIN Kota Solok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran koooperatif tipe Course Review Horay dengan media konkret mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut tergambar sebagai berikut: (1) Hasil belajar matematika dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 36,67% yang dinyatakan tuntas dan 63,33% dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas 73,97%. Sedangkan hasil tes siklus II mengalami peningkatan 83,33% yang dinyatakan tuntas dan 16,67% dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas 79,27%. (2) Aktivitas peserta didik selama pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dengan media konkret juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata aktivitias peserta didik 52,77% dengan kategori cukup aktif, sedangkan siklus II rata-rata aktivitas peserta didik mengalami peningkatan 75,5% dengan kategori aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dengan media konkret dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didikkelas V MIN Kota Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:58
Last Modified: 18 Aug 2022 02:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10367

Actions (login required)

View Item View Item