PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI MIN 1 PADANG PARIAMAN

Wahyuni, Wahyuni (2019) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI MIN 1 PADANG PARIAMAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (28kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text
Gabungan skripsi wahyuni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER, PERSETUJUAN, ABSRAK.pdf - Published Version

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik ketuntasan minimal yang di telah tetapkan di sekolah yaitu 75. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada pendidik dan belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga peserta didik cenderung pasif. Oleh karena itu, salah satu cara yang digunakan pendidik untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan model Tipe TAI pada pembelajaran matematika di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah 1 Padang Pariaman(MIN). Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan design penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “One Group Pretest-Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI MIN 1 Padang Pariaman. Pemilihan sampel adalah dengan total sampling yaitu pengambilan sampel ini dilakukan dengan mengambil seluruh peserta didik kelas VI Madrasah Ibtidaiyah 1 Padang Pariaman (MIN). Peserta didik kelas VI di MIN 1 Padang Pariaman berjumlah 15 orang. Teknik untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pretest dari 15 orang peserta didik 9 orang yang tuntas, dan 6 orang yang tidak tuntas, dengan persentase ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata 73,13. Setelah dilakukan model Tipe TAI (Team Assisted Individualization)dari 15 orang peserta didik 14 yang tuntas, dan 1 orang peserta didik tidak tuntas, persentase ketuntasan peserta didik 93,33% dengan rata-rata peserta didik adalah 89,87. Setelah dilakukan perhitungan menggunakan uji-t diperoleh t i hitung = 4,98 sedangkan t = 2,14 dengan tarif kepercayaan 5%. Ini berarti t hitung > t tabel , sehingga H diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang terbukti setelah menerapkan model tipe TAI lebih tinggi dari pada sebelum menerapkan model tipe TAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:43
Last Modified: 02 Aug 2022 03:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10362

Actions (login required)

View Item View Item