PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY DI KELAS IV A MIN 1 KOTA PARIAMAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Silvia Anggraini, Silvia (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY DI KELAS IV A MIN 1 KOTA PARIAMAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
1. COVER, Persetujuan Pembimbing, Abstrak.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text
Skripsi Ful.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Silvia Anggraini, NIM. 1414070192. Jurusan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Judul Skripsi: Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity Di Kelas IV A MIN 1 Kota Pariaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam membaca pemahaman terlihat pada hasil ujian Mid Semester I dari 26 peserta didik hanya lima orang yang memperoleh nilai diatas ketuntasan minimal yaitu 75. Penelitian ini dibatasi pada penggunaaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam membaca pemahaman. Rumusan masalah yang peneliti ajukan yaitu “Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar membaca pemahaman peserta didik dengan menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)?”. Batasan masalah difokuskan pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar membaca pemahaman dengan menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Manfaat penelitian ini secara teoretis diharapkan dapat memberikan masukan dalam mengembangkan khususnya untuk keterampilan membaca pemahaman. Secara praktis penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, peserta didik, pendidik, Madrasah Ibtidaiyah, sertaJurusan PGMI danFakultasTarbiyahdanKeguruan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti bekerja sama dengan wali kelas IVA MIN I Kota Pariaman. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IVA yang berjumlah 26 orang. Prosedur penelitian melalui empat tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi.Instrumen penelitian adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar tes dan dokumentasi. Hasil penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis data kualitatif. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), diperoleh data bahwa aktifitas peserta didik saat pembelajaran siklus I kesiklus II mengalami peningkatan, yaitu peserta didik yang merespons penjelasan pendidik dari 46% meningkat menjadi 82%, aktivitas peserta didik membuat prediksi cerita dari judul/ gambar dari 48% meningkat menjadi 81%, aktivitas peserta didik yang membaca bahan bacaan dengan membuktikan prediksi dari 64% meningkat menjadi 81%, dan peserta didik yang mengerjakan LKPD tetap 100%. Setelah dilakukan tes, hasil belajar peserta didik siklus I dengan rata-rata 69,6% meningkat menjadi 81,5% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pengunaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar membaca pemahaman peserta didik di kelas IVA MIN I Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:13
Last Modified: 02 Aug 2022 03:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10358

Actions (login required)

View Item View Item