PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP SIKAP DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN O3 BINUANG KAMPUNG DALAM

Rini Ariska Putri, Rini (2019) PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP SIKAP DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN O3 BINUANG KAMPUNG DALAM. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
B. Cover, Persetujuan Pembimbing, Abstrak (1 File Pdf).pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text
BAB I. Pdf.pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text
BAB II. Pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III. Pdf.pdf - Published Version

Download (641kB)
[img] Text
BAB IV. Pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB V. Pdf.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text
D. DAFTAR PUSTAKA. Pdf.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text
E. Gabungan File Skripsi Keseluruhan Pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rini Ariska Putri, NIM 1414070318, Pengaruh Model Value Clarification Technique Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 03 Binuang Kampung Dalam, Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Imam Bonjol Padang, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap dan hasil belajar Tematik peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada pendidik dan belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga peserta didik cenderung pasif. Oleh karena itu, salah satu cara yang digunakan pendidik untuk meningkatkan sikap dan hasil belajar Tematik peserta didik yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap dan hasil belajar Tematik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 03 Binuang Kampung Dalam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasy experiment dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan random sampling. Kelas yang terambil sebagai kelas eksperimen adalah kelas IV dan kelas kontrol adalah kelas IV A B . Pelaksanaan proses pembelajaran pada kelas eksperimen adalah dengan model pembelajaran Value Clarification Technique, sedangkan pada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui sikap belajar Tematik dan tes untuk mengetahui hasil belajar Tematik mata pelajaran (PKn dan Bahasa Indonesia). Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran Tematik dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique dapat meningkatkan sikap dan hasil belajar Tematik peserta didik. Berdasarkan nilai tes akhir diperoleh rata - rata nilai kelas eksperimen 80 (64,2%) dan rata - rata nilai kelas kontrol 75 (50%). Berdasarkan hasil uji-t diperoleh t hitung > t (2,11>1,67) dengan α= 0,05 pada taraf kepercayaan 95%, maka keputusannya adalah H ditolak dan H a tabel diterima artinya dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Tematik yang lebih baik dari pada pembelajaran konvensional di kelas IV SDN 03 Binuang Kampung Dalam. Sedangkan, analisis persentase sikap belajar peserta didik menunjukkan bahwa pada kelas ekseprimen adalah 87,7%, sedangkan pada kelas kontrol 77,8%. Jadi, dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique memberikan pengaruh terhadap sikap belajar Tematik yang lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:45
Last Modified: 02 Aug 2022 02:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10353

Actions (login required)

View Item View Item