PENANAMAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS IV MIN KOTA SOLOK

Restu Desnita, Restu (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS IV MIN KOTA SOLOK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
b. Cover, Persetujuan Pembimbing dan Abstrak (1 PDF).pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text
c. BAB I THU.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text
d. BAB II THU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
e. BAB III THU.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text
f. BAB IV THU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
g. BAB V THU.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text
i. SEMUA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)

Abstract

ABSTRAK Restu Desnita NIM. 1414070285 dengan judul “Penanaman NilaiNilai Kedisiplinan Peserta Didik Kelas IV MIN Kota Solok” jurusan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Iman Bonjol Padang. Tahun 1440 H/2019 M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku peserta didik yang belum menunjukkan sikap disiplin yang baik dan masih jauh dari yang diharapkan walaupun telah mempelajari dan ditanamkan oleh pendidik pada setiap kesempatan. Tujuan penelitian umum pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penanaman nilai-nilai kedisiplinan peserta didik kelas IV MIN Kota Solok, tujuan khusus adalah untuk mendeskripsikan cara pendidik dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan pada peserta didik kelas IV MIN Kota Solok, mendeskripsikan tanggapan peserta didik terhadap nilai-nilai kedisiplinan, dan mendeskripsikan hasil penanaman nilai-nilai kedisiplinan pada peserta didik kelas IV MIN Kota Solok. Jenis penelitian yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer yaitu pendidik dan peserta didik kelas IV MIN Kota Solok. Sumber data sekunder adalah dokumen-dokumen terkait dengan penanaman nilai-nilai kedisiplinan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data diolah dan dianalisis melalui tahap-tahap memeriksa kembali data yang diperoleh dari setiap pertanyaan yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti, mengkaji dan menganalisa data secara mendalam dan menghubungkannya dengan permasalahan yang diteliti dan mengambil kesimpulan dengan mengemukakan hal yang menjadi inti dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini adalah pertama, Peraturan tentang nilai-nilai kedisiplinan yang ada di kelas IV MIN Kota Solok berupa peraturan tertulis dan tidak tertulis. Cara pendidik dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan yaitu pendidik mensosialisasikan, kemudian pendidik menjadi teladan yang baik bagi peserta didik, pendidik melakukan observasi serta pendidik memberikan penghargaan dan hukuman. Kedua, Tanggapan peserta didik terhadap nilai-nilai kedisiplinan ini yaitu banyak peserta didik yang senang dengan peraturan yang dibuat terbukti dengan banyaknya peserta didik yang berprilaku disiplin dan hanya ada sebagian kecil peserta didik yang tidak suka atau keberatan dengan peraturan tersebut. Ketiga, Hasil penanaman nilai-nilai kedisiplinan pada peserta didik kelas IV MIN Kota Solok yaitu Nilai-nilai kedisiplinan di kelas IV MIN Kota Solok ini belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Ada beberapa unsur disiplin yang sudah diterapkan oleh pendidik namun belum maksimal dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:35
Last Modified: 02 Aug 2022 02:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10350

Actions (login required)

View Item View Item