PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN DI KELAS VB MIN 1 KOTA PARIAMAN

Oktriza Mentari, Mentari (2019) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN DI KELAS VB MIN 1 KOTA PARIAMAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
2. Cover, Pengesahan dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text
8. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text
9. FULL FILE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK OKTRIZA MENTARI, NIM 1414070401 “Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Peserta Didik pada Tema Udara Bersih bagi Kesehatan Kelas VB MIN 1 Kota Pariaman”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran tematik yang masih dilakukan terpisah oleh pendidik,pendidik lebih banyak menyampaikan materi daripada menfasilitasi. Peserta didik lebih banyak diam dan mendengarkan. Pendidikbelum menggunakan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan di dalam proses pembelajaran, pendidik mengajar dengan buku pegangan saja sehingga membuat aktivitas belajar peserta didik rendah dan peserta didik tidak bersemangat serta tidak termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VB pada pembelajaran tematik pada tema udara bersih bagi kesehatan MIN 1 Kota Pariaman dengan menggunakan model quantum teaching. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitiannya berupa observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data berdasarkan penilaian aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik yang kriterianya dikatakan tuntas jika telah mencapai KKM dengan nilai 75. Berdasarkan hasil penelitian dan data yang telah diperoleh, aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada siklus I aktivitas belajar peserta didik memiliki persentase 67,4% dan 73,4% dengan kategori cukup. Siklus II, aktivitas belajar peserta didik memiliki persentase 80,1% dan 83,7% dengan kategori baik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I masih rendah, yaitu dari 21 orang peserta didik hanya 8 orang yang tuntas dan 13 yang lain mendapat nilai di bawah KKM dengan rata-rata kelas 69,8. Siklus II hasil belajar peserta didik meningkat dengan rata-rata kelas 80 yaitu 17 orang peserta didik yang tuntas dan hanya 4 orang peserta didik yang tidak tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model quantum teaching pada pembelajaran tematik kelas V tema 2 udara bersih bagi kesehatan subtema 1 dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar peserta didik Kelas VB MIN 1 Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 29 Jul 2022 04:42
Last Modified: 29 Jul 2022 04:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10345

Actions (login required)

View Item View Item