PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V MIN 1 PADANG PARIAMAN

Nurul Ulfa, Ulfa (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V MIN 1 PADANG PARIAMAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
2. COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING., ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (568kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (409kB)
[img] Text
3.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Ulfa, NIM: 1414070096 Pengaruh Penerapan Model Experiential Learning melalui Pembelajaran Tematik Tema Hidup Sehat terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas V MIN 1 Padang Pariaman: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Iman Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran cenderung hanya mengamati dan menanya yang dilakukan sedangkan mencoba, menalar dan mengasosiasikan belum terlihat. Media yang digunakan pendidik seperti gambar, video tidak ada digunakan sehingga membuat peserta didik jenuh dan bosan karena lebih banyak berceramah. Pendidik kurang mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik dan interaksi antara peserta didik itu cenderung satu arah. Ketergantungan antar sesama anggota kelompok masih kurang dan cenderung masih individu. Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah masih rendah, serta empati terhadap teman masih kurang. hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V MIN 1 Padang Pariaman pada pembelajaran tematik yang tidak mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikasi model Experiential Learning terhadap sikap dan hasil belajar peserta didik pada tema Hidup Sehat di kelas V MIN 1 Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah praeksperimen dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “One Group Pretest Postest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di MIN 1 Padang Pariaman. Pemilihan sampel adalah dengan total sampling yaitu pengambilan sampel ini dilakukan dengan mengambil seluruh peserta didik kelas V di MIN 1 Padang Pariaman. Peserta didik kelas V di MIN 1 Padang Pariaman berjumlah 15 orang. Jenis instrumen pada penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata skor tes hasil belajar sebelum perlakuan (pretest) adalah 71,3 dan rata-rata skor tes hasil belajar setelah perlakuan (Posttest) adalah 77,7. Berdasarkan analisis data penelitian, pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh t hitung = 3,537 dan t i tabel = 2.14, karena t ( 3,537 >2,14) dengan = 0,05, maka keputusannya adalah H 0 hitung > t ditolak dan H diterima. Artinya terdapat pengaruh perubahan hasil belajar peserta didik antara Pretest dan Posttest signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model Experiential Learning dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada tema Hidup Sehat di kelas V MIN 1 Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 29 Jul 2022 04:22
Last Modified: 29 Jul 2022 04:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10344

Actions (login required)

View Item View Item