HUBUNGAN PENDIDIKAN BERWAWASAN MULTIKULTURAL DENGAN KECERDASAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 05 SAWAHAN KOTA PADANG

Mira Anggraini Zein, Mira (2019) HUBUNGAN PENDIDIKAN BERWAWASAN MULTIKULTURAL DENGAN KECERDASAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 05 SAWAHAN KOTA PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
1 cover, persetujuan, abstrak.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf - Published Version

Download (63kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf - Published Version

Download (14kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13kB)
[img] Text
Gabungan Skripsi Mira.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mira Anggraini Zein, 1414070636, Hubungan Pendidikan Berwawasan Multikultural dengan Kecerdasan Sosial Peserta Didik Kelas V di SDN 05 Sawahan Kota Padang, Skripsi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang, 2019. 80 halaman. Penelitian ini berawal dari kenyataan yang ada bahwa pada beberapa tahun terakhir, terjadi peristiwa-peristiwa yang memprihatinkan dalam dunia pendidikan seperti pelajar melakukan tawuran, pembullyan, tidak bersemangat belajar hingga bolos, kurangnya sopan santun, wawasan tentang budaya dan saling mehargai/menghormati orang lain, serta interaksi yang kurang baik dengan lingkungan sekitarnya. Batasan masalah dari penelitian ini adalah (1)Pendidikan Berwawasan Multikultural peserta didik di SDN 05 Sawahan (2)Kecerdasan Sosial peserta didik di SDN 05 Sawahan (3)Hubungan Pendidikan Berwawasan Multikultural dengan Kecerdasan Sosial Peserta Didik Kelas V di SDN 05 Sawahan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan signifikan antara pendidikan berwawasan multikultural dengan kecerdasan sosial peserta didik kelas V di SDN 05 Sawahan. Metode penelitian ini menggunakan metode korelasional, dengan populasi berjumlah 65 orang dan jumlah sampel 65 orang yang diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dan diolah dengan menggunakan Program Statistical Product and Service Solution (SPSS)versi 22.00, serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Penelitian ini menemukan bahwa (1)Pendidikan berwawasan multikultural peserta didik kelas V SDN 05 Sawahan diperoleh sebesar 68% dengan kategori sedang, (2)kecerdasan sosial peserta didik kelas V SDN 05 Sawahan diperoleh 55% dengan kategori sedang, (3) dari hasil pengolahan data di dapatkan bahwa r xy = 0,430 lebih besar dari r untuk signifikan 1 % = 0,330 dan 5 % = 0,254 dan r hitung iv tabel = 0,430 dapat dilihat tingkat hubungannya pada klasifikasi angka korelasi, 0,430 terletak antara 0,40 sampai dengan 0,599 dengan tingkat korelasi sedang. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya H ditolak dan H diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pendidikan berwawasan multikultural peserta didik maka semakin tinggi kecerdasan sosial peserta didik kelas V di SDN 05 Sawahan. Sehingga kesimpulannya didapat bahwa ada hubungan yang signifikan, ini dapat di artikan semakin aktif peserta didik dalam pembelajaran yang berwawasan multikultural maka semakin tinggi kecerdasan sosial peserta didik tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:12
Last Modified: 29 Jul 2022 03:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10342

Actions (login required)

View Item View Item