PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 1 PESISIR SELATAN KECAMATAN BAYANG

Isna Rauda, Isna (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 1 PESISIR SELATAN KECAMATAN BAYANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Cover dan kawan-kawan.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK Isna Rauda, NIM 1414070132, Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MIN 1 Pesisir Selatan Kecamatan Bayang, Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Imam Bonjol Padang, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor diantaranya peserta didik masih membeda-bedakan kemampuan teman yang satu dengan kemampuan teman yang lain, tidak terjalin kerja sama antara peserta didik pada pembelajaran, peserta didik masih bersifat pasif hanya menerima apa yang disampaikan pendidik, disaat pendidik mengajukan pertanyaan hanya beberapa peserta didik yang mampu menjawab. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar tematik peserta didik dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, cara yang digunakan pendidk untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran TAI. Rumusan penelitian ini adalah apakah hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TAI lebih baik dari pada pembelajaran konvensional di kelas V MIN 1 Pesisir Selatan Kecamatan Bayang. Batasan penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TAI demgan pembelajaran konvensional di kelas V MIN 1 Pesisir Selatan Kecamatan Bayang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TAI lebih baik dari pada pembelajaran konvensional di kelas V MIN 1 Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasy experiment dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan total sampling. Kelas yang terambil sebagai kelas eksperimen adalah kelas VB dan kelas kontrol adalah kelas VA. Pelaksanaan proses pembelajaran pada kelas eksperimen adalah dengan penerapan model pembelajaran TAI, sedangkan proses pembelajaran pada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui hasil belajar ranah afektif dan psikomotor. Tes untuk mengetahui hasil belajar ranah kognitif pada materi Tema 4 Sehat itu Penting Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat tentang Sistem Peredaran Darah pada Manusia dan Hewan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan analisis hasil ranah afektif pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 22,49 dan pada kelas kontrol 14,37, analisis hasil ranah psikomotor pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 30,62 dan pada kelas kontrol 21,87, serta nilai tes akhir pada ranah kognitif diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 79 dan rata-rata nilai kelas kontrol 72. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh t(1,47 ≤ 10,28), maka H 0 ditolak dan H diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TAI memberikan hasil belajar tematik lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional di kelas V MIN 1 Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:02
Last Modified: 29 Jul 2022 03:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10341

Actions (login required)

View Item View Item