PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 21 LUBUK LINTAH KECAMATAN KURANJI PADANG

Fela Okta Pratama, Fela (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 21 LUBUK LINTAH KECAMATAN KURANJI PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
B. cover ,persetujuan pembimbing dan abstrak.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (682kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text
D. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text
E. Full gabungan semua skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fela Okta Pratama, NIM 1414070327 “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 21 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Padang” Tahun Ajaran 2018/2019, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi pada proses pembelajaran masih berpusat pada pendidik, kegiatan pembelajaran mengajar yang monoton, karena pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga hasil belajar kurang memuaskan dan masih banyak yang belum mencapai KKM. Berdasarkan hasil ujian mid semester satu tahun ajaran 2018/2019 diperoleh bahwa dari 33 peserta didik, 8 peserta didik atau 24% mencapai batas ketuntasan yaitu memperoleh nilai di atas 80, dan sebanyak 25 peserta didik atau 76% masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik dikelas 1V SDN 21 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Padang. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pada pelaksanaan dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik dikelas 1V SDN 21 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model Discovery Learning pada Tema 3 Subtema 2 dalam meningkatkan hasil pembelajaran Tematik di kelas 1V SDN 21 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian “One- Group Pretest And Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 1V SDN 21 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Padang. Pemilihan sampel adalah dengan total sampling yaitu pengambilan sampel ini dilakukan dengan mengambil seluruh peserta didik kelas 1V SDN 21 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Padang. 1V SDN 21 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Padang berjumlah 33 orang. Teknik untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan uji-t. Karena data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata skor tes hasil belajar sebelum perlakuan (pretest) adalah 69,09 dan rata-rata skor tes hasil belajar setelah perlakuan (Posttest) adalah 82,42. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan diperoleh t tabel hitung = 6,99 dan t tabel = 2,03, sehingga disimpulkan t (6,99 > 2,03) maka keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya perubahan hasil belajar peserta didik antara pretest dan posttest sangat signifikan. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Tematik menggunakan Discovery Learning di kelas IV SDN 21 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 28 Jul 2022 08:35
Last Modified: 28 Jul 2022 08:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10340

Actions (login required)

View Item View Item