UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI PERKALIAN DENGAN METODE JARIMATIKA DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI I PADANG PARIAMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Dewita Efriani, Dewita (2019) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI PERKALIAN DENGAN METODE JARIMATIKA DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI I PADANG PARIAMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover, persetujuan pembimbing dan absrak.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text
Daftra Pustaka fix.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text
SKRIPSI DEWITA EFRIANI, NIM 1414070452, JURUSAN PGMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Dewita Efriani, NIM:1414070452. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi Perkalian dengan Metode Jarimatika di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2017/2018, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Trbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang, 2018, 193 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas III MIN I Padang Pariaman, dalam pembelajaran matematika. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode yang digunakan pendidik kurang tepat pada pembelajaran matematika, peserta didik kurang semangat, memperhatikan dan menanggapi materi pelajaran tentang perkalian, peserta didik mengalami kesulitan dan bingung dalam menghitung perkalian, serta rendahnya hasil belajar matematika peserta didik pada materi perkalian. Upaya yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik adalah dengan menggunakan metode jarimatika dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah yang peneliti ajukan yaitu “Apakah terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan metode jarimatika kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Padang Pariaman?”. Batasan masalah yang peneliti fokuskan adal ah peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Padang Pariaman dengan menggunakan metode jarimatika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan metode jarimatika pada materi perkalian bilangan 1 sampai 20 kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas III yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 12 orang peserta didik perempuan. Penelitian dilaksanakan di MIN I Padang Pariaman Kecamatan Nan Sabaris pada tanggal 23 April 2018 sampai 15 Mei 2018. Pelaksanaan penelitian terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian melalui empat tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan 4)refleksi. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar tes dan dokumentasi. Setelah dilakukan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode jarimatika, diperoleh data bahwa aktivitas belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II. Siklus I, aktivitas peserta didik yang aktif menggunakan jari tangan mencapai 46%, aktivitas peserta didik yang menanggapi mencapai 67%, aktivitas peserta didik yang memperhatikan presentasi mencapai 78%, dan aktivitas peserta didik yang mengerjakan LKPD mencapai 96%, sedangkan siklus II aktivitas peserta didik yang aktif menggunakan jari tangan mencapai 92%, aktivitas peserta didik yang menanggapi mencapai 76%, aktivitas peserta didik yang memperhatikan presentasi mencapai 94%, aktivitas peserta didik yang mengerjakan LKPD mencapai 100%. Setelah dilakukan tes, hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siklus I dari 22 orang peserta didik 15 orang yang tuntas, dan 7 orang peserta didik tidak tuntas, serta ketuntasan persentase 68,18% dengan rata-rata 72,28, sedangkan tes siklus II dari 22 orang peserta didik 20 orang peserta didik yang tuntas, dan 2 orang peserta didik tidak tuntas, ketuntasan persentase peserta didik 90,90% dengan rata-rata 83,23. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode jarimatika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik pada materi perkalian bilangan 1 sampai 20 dengan menggunakan metode jarimatika di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 28 Jul 2022 08:23
Last Modified: 28 Jul 2022 08:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10339

Actions (login required)

View Item View Item