PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA KOMIK PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV DI MIN 5 PESISIR SELATAN

Defita Mandasari, Defita (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA KOMIK PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV DI MIN 5 PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
B. Cover, Persetujuan Pembimbing, abstrak.pdf - Published Version

Download (551kB)
[img] Text
C. Bab I.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text
C. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
C. BAB III .pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text
C. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
C. BAB V.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text
D. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text
E. Gabungan keseluruhan Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Defita Mandasari, 1414070428, Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Pada Materi Sumber Daya Alam Kelas IV di MIN 5 Pesisir Selatan, Skripsi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Imam Bonjol Padang, 2019. 104 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran IPA pada materi sumber daya alam yang menarik dan mudah untuk dipahami peserta didik. Hal ini mengakibatkan peserta didik kesulitan dalam memahami materi serta bosan ketika pembelajaran IPA.Untuk itu diperlukan media pembelajaran yang baru, yang disesuaikan dengan minat dan kesukaan dari peserta didik. Salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran berupa komik pada materi sumber daya alam kelas IV SD/MI sebagai penunjang dari pembelajaran pada tema daerah tempat tinggalku. Penelitian ini tergolong dalam penelitian pengembangan atau research and development. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Karena terbatasnya waktu dan biaya, penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap Develop saja. Produk komik yang dikembangkan kemudian diberi nama Komik Serdam untuk Kelas IV SD/MI dan diujikan kepada subjek penelitian yang sudah disesuaikan dengan alur penelitian yaitu uji kepada validator ahli, pendidik dan peserta didik. Terdapat 2 aspek yang diuji yaitu aspek validitas dan pratikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek validitas yang diberikan kepada 5 validator ahli diperoleh sebesar 84,4% dengan kategori sangat valid. Pada uji pratikalitas dilakukan pada satu orang pendidik dan 6 orang peserta didik. Dari pengujian pratikalitas pendidik diperoleh 100% dengan kategori sangat praktis sedangkan pada peserta didik diperoleh sebesar 93,4% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berupa Komik Pada Materi Sumber Daya Alam kelas IV SD/MI sebagai penunjang pembelajaran pada tema daerah tempat tinggalku tergolong sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA pada materi sumber daya alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 28 Jul 2022 08:13
Last Modified: 28 Jul 2022 08:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10338

Actions (login required)

View Item View Item