PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) PADA PESERTA DIDIK KELAS VB MIN KOTA SOLOK

Asmiarti, Asmiarti (2019) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) PADA PESERTA DIDIK KELAS VB MIN KOTA SOLOK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
2 Cover, Persetujuan, Abstrak.pdf - Published Version

Download (488kB)
[img] Text
3 BAB I K13.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Text
4 BAB II K13.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
5 BAB III K13.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text
6 BAB IV K13.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
7 BAB V K13.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text
8 DAFTAR PUSTAKA K13.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text
9 Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Asmiarti, NIM 1414070400, “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Pembelajaran Tematik melalui Model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) pada Peserta Didik Kelas VB MIN Kota Solok”, Skripsi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Lebih dari 50% peserta didik tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 80 pada pembelajaran tematik di kelas VB MIN Kota Solok. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa pendidik hanya mentransfer pengetahuan secara langsung kepada peserta didik, pendidik masih mendominasi pembelajaran (teacher centered), kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan, sebagian besar peserta didik cenderung pasif bertanya dan mengajukan pendapat ataupun memberikan tanggapan. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) pada pembelajaran tematik. Penelitian ini dibatasi pada peningkatan aktivitas dan hasil pembelajaran tematik (tema 4 Sehat Itu Penting, fokus IPA dan bahasa indonesia) melalui model Intellectualy Repetition (AIR) pada peserta didik kelas VB MIN Kota Solok. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran tematik melalui model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) pada peserta didik kelas VB MIN Kota Solok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) yang terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan, meliputi empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VB sebanyak 29 orang peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2018, berkolaborasi dengan pendidik kelas VB MIN Kota Solok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis data kualitatif. Berdasarkan analisis data didapatkan bahwa dari siklus I ke II aktivitas peserta didik terdapat peningkatan dari 65,51% dengan kategori cukup menjadi 86,77% dengan kategori sangat baik. Rata-rata hasil belajar tematik (pada ranah kognitif) peserta didik mengalami peningkatan dari 72,06 menjadi 85,10, hasil belajar (pada ranah afektif) tematik juga meningkat dari rata-rata klasikal 57,09% pada siklus I menjadi 83,90% pada siklus II, dan hasil belajar (pada ranah psikomotor) dari rata-rata klasikal 72,41% menjadi 95,97%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik Kelas VB MIN Kota Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:35
Last Modified: 28 Jul 2022 07:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10335

Actions (login required)

View Item View Item