KIAT GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI MASJID JAMI’ KELURAHAN PADANG BESI KECAMATAN LUBUK KILANGAN KOTA PADANG

Sonia Febrica, Sonia (2019) KIAT GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI MASJID JAMI’ KELURAHAN PADANG BESI KECAMATAN LUBUK KILANGAN KOTA PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cofer, persetujuan, abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (398kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text
full gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Kiat Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Dalam Penerapan Pendidikan Karakter Santri Di Masjid Jami’ Kelurahan Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang” yang disusun oleh Sonia Febrica 1414010078, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya fakta santri telah memiliki karakter disiplin dan tanggung jawab di dalam proses pembelajaran maupun diluar jam pembelajaran. Karakter yang dimiliki santri sesuai dengan tuntutan agama dan tidak terlepas dari cara yang dilakukan guru dalam penerapan pendidikan karakter pada santri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah kiat guru Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) dalam penerapan pendidikan karakter santri Masjid Jami’ Kelurahan Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Hal ini terkait dengan kiat guru TPQ dalam penerapan pendidikan karakter disiplin santri, Kiat guru TPQ dalam penerapan pendidikan karakter tanggung jawab santri, Pendapat pengurus terhadap penerapan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kiat guru TPQ dalam penerapan pendidikan karakter pada santri. Terutama kiat guru dalam penerapan pendidikan disiplin dan tanggung jawab santri, serta pendapat pengurus terhadap penerapan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab santri Masjid Jami’. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan metode lapangan (field research) dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan data sesuai dengan apa adanya di lapangan.Sumber data primer adalah guru TPQ, sedangkan sumber data sekundernya santri dan pengurus Masjid Jami’. Teknik dan alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) kiat guru dalam penerapan pendidikan karakter disiplin adalah mengharuskan santri datang ke masjid tepat waktu, memakai seragam sesuai dengan tata tertib, disiplin dalam proses pembelajaran, disiplin keluar masuk kelas, disiplin meminta izin libur . 2) kiat guru dalam penerapan tanggung jawab santri dengan memberikan tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh tiap-tiap santri yakni, tugas shalat Maghrib dan Isya berjamaah, tugas membaca doa setelah shalat, tugas piket harian, tugas pelaksanaan didikan subuh, dan tugas pembayaran iyuran bulanan, serta memberikan hadiah dan hukuman untuk memotivasi santri. 3) pendapat pengurus terkait dengan kiat guru dalam penerapan karakter disiplin dan tanggung jawab santri bahwasannya guru telah berhasil menerapkan sikap disiplin dan tanggung jawab tersebut kepada santri dengan menggunakan cara yang tegas dan hukuman yang mendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:04
Last Modified: 18 Jul 2022 03:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10277

Actions (login required)

View Item View Item