Sherly Fitri Yanti, Sherly (2019) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN SELF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 8 PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
B. Cover, persetujuan pembimbing, dan abstrak.pdf - Published Version Download (804kB) |
|
Text
C. Bab I, II, III, IV, dan V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
D. daftar pustaka.pdf - Published Version Download (115kB) |
|
Text
E. Full dan Gabungan Keseluruhan Tesis.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Sherly Fitri Yanti, NIM. 088172817, Pengaruh Lingkungan Belajar dan Self Control Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 8 Padang, Tesis: Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, 2019. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh lingkungan belajar dan self control terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 8 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 8 Padang, (2) mengetahui pengaruh self control terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 8 Padang, dan (3) mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan self control secara bersama-sama (simultan) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII, VIII dan IX sebanyak 578 orang. Berhubung populasi bersifat tidak homogen, maka teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, sehingga sampel yang diperoleh berjumlah 88 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lingkungan belajar memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 8 Padang. Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai koefisien regresi (b ix 1 ) atau slope sebesar 0,392, dan nilai F (19,689) lebih besar dari F (3,95), serta nilai signifikansi (0,000) lebih kecil dari nilai α= 0,05. Sedangkan kontribusi lingkungan belajar (X tabel ) terhadap hasil belajar (Y) sebesar 0,186 atau 18,6%, (2) self control memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 8 Padang. Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai koefisien regresi (b 2 ) atau slope sebesar 0,564, dan nilai F 1 (35,636) lebih besar dari F tabel hitung (3,91), serta nilai signifikansi (0,000) lebih kecil dari nilai α= 0,05. Sedangkan kontribusi self control terhadap hasil belajar sebesar 0,293 atau 29,3%, (3) lingkungan belajar dan self control secara bersama-sama (simultan) memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 8 Padang. Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai koefisien regresi (b 1 ) atau slope sebesar 0,229 dan nilai koefisien regresi (b 2 ) atau slope sebesar 0,229 , dan nilai F (22,444) lebih besar dari F tabel hitung (3,10), serta nilai signifikansi (0,000) lebih kecil dari nilai α= 0,05. Sedangkan kontribusi lingkungan belajar (X 1 ) dan self control (X ) secara bersama-sama (simultan) terhadap hasil belajar (Y) sebesar 0,346 atau 34,6 %
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Evalina Eva Pustakawan |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 02:54 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 02:54 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10276 |
Actions (login required)
View Item |