Dampak Dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Telkom Indonesia Terhadap Pengembangan UMKM di Kota Padang

FINASMI DESYA, FINASMI (2022) Dampak Dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Telkom Indonesia Terhadap Pengembangan UMKM di Kota Padang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL.

[img] Text (SKRIPSI)
38. FINASMI DESYA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

UMKM saat ini tidak bisa hanya mengandalkan modal dari diri sendiri untuk mengembangkan usahanya, juga memerlukan modal tambahan dari pihak ketiga salah satunya dengan mendapatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan BUMN maupun swasta. Dalam hal ini, PT. Telkom Indonesia sebagai salah satu BUMN di Indonesia diharuskan mengeluarkan 2% dari keuntungan perusahaan yang dijadikan sebagai dana CSR untuk membantu masyarakat sekitar maupun konsumennya dalam hal mewujudkan ekonomi yang lebih baik. Salah satu program CSR yaitu dengan memberikan bantuan dana tambahan kepada masyarakat untuk membantu mengembangkan suatu usahanya agar lebih berkembang dengan baik dan sesuai dengan harapan untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu, dari penelitian ini nantinya dapat dilihat bagaimana dampak dari penyaluran dana CSR terhadap pengembangan UMKM di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak dana CSR PT. Telkom Indonesia terhadap pengembangan UMKM di Kota Padang khususnya UMKM sektor perdagangan di Kota Padang. Penelitian ini dilakukan di Kota Padang dengan studi kasus yaitu UMKM sektor Perdagangan di Kota Padang. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan data primer yaitu pendapatan UMKM sektor perdagangan yang diperoleh dari pengisian kuesioner oleh 52 pelaku UMKM sektor perdagangan di Kota Padang. pengambilan dan penentuan banyaknya sampel menggunakan teknik Random Sampling. Sedangkan alat analisis penelitian yang digunakan yaitu Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pendapatan UMKM sektor perdagangan di Kota Padang akibat penerimaan dana bergulir CSR PT. Telkom Indonesia. Seluruhnya sebanyak 52 responden dengan persentase 100% UMKM sektor perdagangan mengalami kenaikan pendapatan setelah menerima dana CSR PT. Telkom Indonesia. Dana CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan UMKM sektor Perdagangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CSR, UMKM, Pendapatan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 17 Jul 2022 23:37
Last Modified: 18 Jul 2022 08:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10272

Actions (login required)

View Item View Item