PEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 1 AMPEK NAGARI

Racia Putri, Racia (2019) PEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 1 AMPEK NAGARI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Coverdkk.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Racia Putri, NIM 1514010078, Pembinaan Akhlak Siswa melalui Program Ekstrakurikuler di SMAN 1 Ampek Nagari, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2019. Latar belakang penelitian ini dilakukan karena penelitian mengenai pembinaan akhlak bagi siswa itu sangat penting, bukan hanya didapatkan di sekolah saja tapi dalam keluarga pendidikan akhlak juga sangat diperlukan agar tidak terjerumus ke dalam akhlak yang buruk. Ajaran akhlak dalam Islam harus sesuai dengan fitrah manusia. Manusia akan mendapatkan kebahagiaan hakiki, bila mengikuti nilai-nilai kebaikan yang diajarkan oleh al-Qur’an dan Hadis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan mengambil latar di SMAN 1 Ampek Nagari. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan satu modus, yaitu menggunakan sumber. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dapat membina akhlak siswa di SMAN 1 Ampek Nagari, yang didapatkan dari sumber data. Sumber data primer yaitu pembina ekstrakurikuler. Dan sumber data sekunder adalah kepala sekolah, majelis guru, dan siswa SMAN 1 Ampek Nagari. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Field Research (penelitian lapangan). Sedangkan metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang menggambarkan suatu gejala, peristiwa kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Dengan kata lain pendekatan deskriptif mengambi masalah-masalah aktual bagaimana adanya saat penelitian ini dilaksanakan. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer yaitu pembina ekstrakurikuler. Data sekunder adalah kepala sekolah, majelis guru, dan siswa SMAN 1 Ampek Nagari. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Program esktrakurikuler memiliki peran yang penting dalam pembentukan akhlak siswa di SMAN 1 Ampek Nagari. (2) Terdapat banyak agenda yang dirancang dari setiap ekstrakurikuler untuk membentuk akhlak dan kreatifitas siswa. Diantara ekskul yang ada di SMAN 1 Ampek Nagari adalah Rohis, Pramuka, PMR, Paskibraka dan Olahraga. (3) Pembinaan akhlak siswa melalui program ekstrakurikuler di SMAN 1 Ampek Nagari tidak terlepas dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung tersebut secara umumnya adalah tingginya semangat siswa dan dukungan dari berbagai pihak sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya tenaga pembina yang berpengalaman dan kurangnya sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:18
Last Modified: 15 Jul 2022 07:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10241

Actions (login required)

View Item View Item