Pengaruh Metode Pembelajaran Self-Directed learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII Di SMP Negeri 4 Kota Bukit Tinggi

Nabila, Zakia Fitri (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Self-Directed learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII Di SMP Negeri 4 Kota Bukit Tinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (754kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (668kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5-Dafpus.pdf - Published Version

Download (483kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL SKRIPSI WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Self-Directed Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Bukit Tinggi. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran Self-Directed Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Bukit Tinggi. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Self-Directed Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Bukit Tinggi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Bukit Tinggi Tahun Ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Quasi Eksperimen, kelas yang di pilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII A dan kelas Kontrol adalah kelas VII B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis dengan SPSS versi 26 menyatakan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,046 dengan derajat kebebasan (df) = 61, mean difference = 6,325, standar error difference = 3,109, Confidence Interval of the Difference Lower = 0,108 dan Upper = 12,541. Dengan demikian, sig. (2-tailed) 0,046 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Self-Directed Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Bukit Tinggi. Dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Self-Directed Learning lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan metode pembelajaran Self-Directed Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self-Directed Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:08
Last Modified: 04 Sep 2024 03:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22641

Actions (login required)

View Item View Item