Nabila, Zakia Fitri (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Self-Directed learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII Di SMP Negeri 4 Kota Bukit Tinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (754kB) |
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version Download (668kB) |
|
Text (BAB V)
BAB 5-Dafpus.pdf - Published Version Download (483kB) |
|
Text (FULL TEXT)
FULL SKRIPSI WATERMARK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Self-Directed Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Bukit Tinggi. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran Self-Directed Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Bukit Tinggi. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Self-Directed Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Bukit Tinggi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Bukit Tinggi Tahun Ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Quasi Eksperimen, kelas yang di pilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII A dan kelas Kontrol adalah kelas VII B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis dengan SPSS versi 26 menyatakan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,046 dengan derajat kebebasan (df) = 61, mean difference = 6,325, standar error difference = 3,109, Confidence Interval of the Difference Lower = 0,108 dan Upper = 12,541. Dengan demikian, sig. (2-tailed) 0,046 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Self-Directed Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Bukit Tinggi. Dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Self-Directed Learning lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan metode pembelajaran Self-Directed Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Directed Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 03:08 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 03:08 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22641 |
Actions (login required)
View Item |