Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan E-Modul Fisika Terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Agam

Nasution, Osi Kusma Sani (2024) Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan E-Modul Fisika Terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (664kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (635kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (687kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FINAL OSI AFTER SIDANG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Osi Kusma Sani Nasution, NIM : 2014080018 Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan E-Modul Fisika Terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas Xl MAN 2 Agam. Tadris Fisika Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2024. Penelitian ini membahas tentang cara mengatasi rendahnya literasi sains peserta didik dengan menerapkan model discovery learning berbantuan E-Modul Fisika. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah literasi sains peserta didik kelas XI IPA di MAN 2 Agam masih cenderung rendah. Rendahnya literasi sains peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya proses pembelajaran yang terkesan monoton yang membuat peserta didik merasa jenuh dalam pembelajaran, model pembelajaran yang digunakan tidak membuat peserta didik ingin menggali pengetahuannya sendiri, sumber belajar belum dapat melatih literasi sains dan peserta didik tidak terlibat aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung, sehingga dampaknya untuk peserta didik akan sulit menangkap materi yang diberikan oleh pendidik dan peserta didik menjadi pasif. Perlunya solusi untuk menanggulangi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model discovery learning berbantuan E-Modul Fisika, karena dengan adanya model discovery learning dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dan dapat menggali pengetahuannya sendiri, serta elektronik modul fisika yang digunakan dapat melatih literasi sains peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan jumlah populasi sebanyak 42 orang peserta didik kelas XI IPA di MAN 2 Agam. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, maka jumlah sampel sama dengan jumlah populasi yaitu sebanyak 42 orang peserta didik menjadi sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes yang berupa soal essay. Data yang diambil diuji menggunakan uji hipotesis Idependent-Samples T-test Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi sains peserta didik yang menggunakan model discovery learning berbantuan E-Modul Fisika lebih tinggi dibandingkan menggunakan model discovery learning saja pada mata pelajaran fisika kelas XI di MAN 2 Agam. Rata–rata pada kelas esperimen menggunakan model discovery learning berbantuan E-Modul Fisika peserta didik memperoleh rata-rata 84,86, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model discovery learning peserta didik memperoleh nilai rata-rata 74,38. Hasil uji T pada penelitian ini diperoleh Berdasarkan hasil uji hipotesis SPSS : Idependent-Samples T-test tersebut diperoleh (Asymp 2-Tailed) yaitu dengan data 0,001 lebih kecil dari 0,05 dengan keputusan H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya literasi sains peserta didik yang menggunakan model discovery learning berbantuan E-Modul Fisika lebih tinggi dibandingkan menggunakan model discovery learning saja pada mata pelajaran fisika kelas XI di MAN 2 Agam terutama pada materi termodinamika. Kata kunci : Model Discovery Learning, Fisika, Literasi Sains

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Fisika, Literasi Sains
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:52
Last Modified: 03 Sep 2024 06:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22413

Actions (login required)

View Item View Item