Utami, Mainisa Abdi (2024) Hubungan Efikasi Diri Akademik dengan Cyberslacking pada Mahasiswa di UIn Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover - Daftar Isi)
COVER SKRIPSI. MAINISA ABDI UTAMI.pdf - Published Version Download (717kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1 Skripsi MAINISA ABDI UTAMI.YES.pdf - Published Version Download (708kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III MAINISA ABDI UTAMI.YES.pdf - Published Version Download (513kB) |
|
Text (BAB V)
Bab V MAINISA ABDI UTAMI..pdf - Published Version Download (321kB) |
|
Text (Full Text)
29 Agustus 2024 Skripsi MAINISA ABDI UTAMI.FIX.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada mahasiswa yang mengakses internet pada saat jam perkuliahan. Dalam proses pembelajaran diperlukan internet untuk mendukung aktivitas akademik, namun seringkali mahasiswa melakukan pengaksesan non akademik atau diluar dari yang dibutuhkan dalam belajar yang disebut dengan cyberslacking. Sehingga diperlukannya keyakinan terhadap kamampuan akan diri sendiri yang dalam melaksanakan proses perkuliahan agar dapat terhindar dari perilaku cyberslacking yang menganggu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara efikasi diri akademik dengan cyberslacking pada mahasiswa. penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi person. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebesar 10.540 dengan jumlah sampel 266. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling dengan jumlah sampel pada tiap fakultas ditentukan menggunakan rumus alokasi yaitu proportionate random sampling. pengambilan data menggunakan model skala likert. Penelitian ini menggunakan dua skala yaitu efikasi diri akademik dan cyberslacking. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri akademik dan cyberslacking pada mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang berada pada kategori sedang. Tingkat efikasi diri akademik memiliki jumlah persentase sebesar 58,6% dan tingkat perilaku cyberslacking juga berada dalam kategori sedang dengan jumlah persentase 65,4%. Selanjutnya hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara efikasi diri akademik dengan perilaku cyberslacking, dan nilai r= -0,558 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efikasi Diri Akademik, Cyberslacking, Mahasiswa |
Subjects: | Psicology Teology Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FUSA |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:07 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:07 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22010 |
Actions (login required)
View Item |