Anggraini, Selpia (2024) Pengaruh Metode Card Sort berbantuan Media Wordwall Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Di MTsN 3 Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (bab 1)
Selpia Anggraini, 2014090040, BAB I.pdf - Published Version Download (356kB) |
|
Text (bab 3)
Selpia Anggraini, 2014090040, BAB III.pdf - Published Version Download (446kB) |
|
Text (bab v)
Selpia Anggraini, 2014090040, BAB V.pdf - Published Version Download (360kB) |
|
Text (fulltext)
Selpia Anggraini, 2014090040, Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi kurangnya keaktifan peserta didik saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, hal ini disebabkan metode yang digunakan pendidik belum bervariasi. Pendidik juga tidak menggunakan media sehingga membuat peserta didik jenuh dan pasif. Peserta didik kurang memperhatikan pendidik pada saat pembelajaran dan beberapa peserta didik melakukan aktivitas yang tidak ada kaitannya dengan pembelajaran saat di kelas seperti meletakkan kepala diatas meja, menggambar, dan menggoyang-goyangkan bolpoin. Peserta didik memiliki tingkat bertanya dan memberikan jawaban yang rendah. Berdasarkan permasalahan diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Card Sort berbantuan media Wordwall terhadap keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di MTsN 3 Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan Pre-test Post-test with Non-Equivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTsN 3 Lima Puluh Kota tahun ajaran 2023/2024 semester genap. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, dengan memilih kelas VII. 9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.8 sebagai kelas kontrol. Uji yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, hipotesis yaitu uji independent sample T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Card Sort berbantuan media Wordall dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam hal (1) visual activities; (2) Oral Activities; (3) Listening Activities; (4) Writing Activities; (6) Mental Activities; (7) Emotion Activities pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pertama keaktifan peserta didik kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest 65,47 dan diperoleh rata-rata posttest 68,06 yaitu berada pada kategori tinggi. kedua keaktifan peserta didik kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest 69,47 dan diperoleh rata-rata posttest 78,63 yaitu berada pada kategori tinggi. Ketiga pengaruh metode Card Sort berbantuan media Wordwall terhadap keaktifan belajar peserta didik, berdasarkan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 20 for windows dengan nilai Independent Sampel Test bahwa nilai pada kolom Equal Variances Assumed hasil nilai t hitung = 6,170 dengan nilai sig (2-tailed) 0,000. Untuk mengetahui taraf signifikan a = 5% adalah 1,66 dan taraf 1% adalah 1,29. Oleh karena itu nilai t hitung > t tabel (6,170>1,66 dan 6,170>1,29). Hal ini berarti H_a diterima dan H_0 ditolak, artinya hipotesis menyatakan “Terdapat Pengaruh Metode Card Sort Berbantuan Media Wordwall Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Di MTsN 3 Lima Puluh Kota”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Card Sort, Wordwall, IPS, Keaktifan Belajar Peserta Didik |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 22:17 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 22:17 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21756 |
Actions (login required)
View Item |