Hubungan Penalaran Moral dengan Perilaku Agresif Siswa di SMPN 4 Kuranji Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota

Rina Virla Putri, Rina (2017) Hubungan Penalaran Moral dengan Perilaku Agresif Siswa di SMPN 4 Kuranji Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover, persetujuan, abstrak)
COVER, persetujuan, abstrak.pdf - Published Version

Download (566kB)
[img]
Preview
Text (bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img] Text (bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img]
Preview
Text (bab III)
baB III.pdf - Published Version

Download (556kB) | Preview
[img] Text (bab IV)
bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img]
Preview
Text (bab V)
bab V.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
skripsi gabungan asli.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul: “Hubungan Penalaran Moral dengan Perilaku Agresif Siswa di SMPN 4 Kuranji Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota”, disusun oleh, Rina Virla Putri NIM.1315040038, Jurusan Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku agresif yang terjadi di SMPN 4 kuranji Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Siswa SMP seharusnya dapat membangun hubungan yang baik dengan orang lain, baik dengan guru, teman sebaya, maupun dengan warga sekolah lainnya. Dalam teori Kohlberg, remaja telah berada pada tingkat konvensional dalam teori penalaran moral atau berada pada tahap IV, dimana seseorang telah dapat memahami aturan, menghormati otoritas, dan dapat memelihara ketertiban sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan penalaran moral dengan perilaku agresif siswa di SMPN 4 Kuranji Kecamatan Gguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak hubungan penalaran moral dengan perilaku agresif siswa di SMPN 4 Kuranji Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis Korelasi Pearson yang diolah dengan program SPSS versi 20.0 for windows. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penalaran moral dan variabel terikatnya adalah perilaku agresif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 116 orang dengan sampel penelitian berjumlah 58 orang. Penarikan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik acak terlapis (stratified random sampling). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa skala psikologi, yaitu skala penalaran moral dengan 5 buah soal cerita dan skala perilaku agresif dengan 53 aitem pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara penalaran moral dengan perilaku agresif, hal ini terbukti dari koefisien correlation Pearson sebesar -0,126 dengan signifikansi 0,370 (0,370 > 0.05), sehingga dapat diartikan bahwa tidak terdapat hubungan antara penalaran moral dengan perilaku agresif pada siswa SMPN 4 Kuranji Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh kota. Tinggi atau rendahnya perilaku agresif yang dilakukan oleh siswa SMPN 4 Kuranji Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota tidak dipengaruhi oleh tinggi atau rendahnya tingkat penalaran moral siswa tersebut. Kata kunci: Penalaran Moral, Perilaku Agresif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Psicology Teology Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Users 36 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2018 06:04
Last Modified: 18 Jul 2018 06:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/999

Actions (login required)

View Item View Item