PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBANTUAN APLIKASI ISPRING QUIZMAKER UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMA NEGERI 3 KOTA SOLOK

desfion mayuri, yuri (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBANTUAN APLIKASI ISPRING QUIZMAKER UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMA NEGERI 3 KOTA SOLOK. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK fix.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PERSETUJUAN PEMBIMBING)
persetujuan Pembimbing.jpg - Published Version

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I fix.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II fix.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III fix.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV fix.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Desfion Mayuri, NIM 1514080076, Pengembangan Instrumen Penilaian Berbantuan Aplikasi Ispring Quizmaker untuk Mengukur Pemahaman Konsep Siswa di SMA Negeri 3 Kota Solok Skripsi: Jurusan Tadris IPA Konsentrasi Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2020. 171 halaman. Penelitian ini dilatar belakangi pelaksanaan evaluasi pembelajaran fisika disekolah yang kurang efektif karena instrumen penilaian pembelajaran fisika yang digunakan masih dalam bentuk biasa berupa kertas. Oleh karena itu, salah satu cara untuk meningkatkan bentuk instrumen penilaian yang mampu melatih kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan melaksanakan evaluasi pembelajaran fisika berbantuan aplikasi Ispring Quizmaker. Sejalan dengan permasalahan tersebut, sehingga perlu dikembangkan Instrumen Penilaian Berbantuan Aplikasi Ispring Quizmaker untuk Mengukur Pemahaman Konsep Siswa di SMA Negeri 3 Kota Solok. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan Instrumen Penilaian Berbantuan Aplikasi Ispring Quizmaker yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan instrumen penilaian yang digunakan ini model Plomp yang meliputi tiga tahapan pengembangan, yaitu: penelitian pendahuluan (Preliminary reseach), fase pengembangan atau prototipe (development of prototypephase), dan fase penilaian (Assesment phase). Instrumen yang digunakan adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan efektifitas berupa soal. Uji validitas soal berbantuan aplikasi ispring quizmaker diberikan kepada 6 orang validator ahli dinilai dari aspek materi, kontruksi, media dan bahasa. Uji praktikalitas soal berbantuan aplikasi ispring quizmaker diberikan kepada 2 orang pendidik fisika dan 20 orang peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Kota Solok dinilai dari aspek kemudahan dan kesenangan dalam penggunaan instrumen tes. Uji efektifitas diujikan kepada 20 orang peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Kota Solok untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik menggunakan soal tes ditinjau dari indikator pemahaman konsep. Hasil penelitian telah dihasilkan instrumen penilaian berbantuan aplikasi Ispring Quizmaker yang valid, praktis dan efektif. Instrumen tersebut valid baik dari segi materi, konstruksi, media dan bahasa dengan nilai rata-rata 78,76% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media tersebut mempunyai nilai rata-rata yaitu 92,06% dengan kategori sangat praktis, sedangkan untuk keefektifan pemahaman konsep fisika berdasarkan indikator pemahaman konsep sebesar 65, 11% dengan kategori efektif. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, ispring Quizmaker, pemahaman konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
U Umum (General) > Referensi Umum dan Terbitan Berseri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2020 04:18
Last Modified: 04 Sep 2020 04:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/9940

Actions (login required)

View Item View Item