Rahmalia, Intan (2018) Sistem Penjualan Tiket Kereta Api di Stasiun Kereta Api Simpang Haru Kota Padang Ditinjau dari Fiqih Muamalah. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
|
Text
Cover Persetujuan Pengesahan Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR KEPUSTAAAN.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
Intan Rahmalia 1313030068.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Sistem Penjualan Tiket Kereta Api di Stasiun Kereta Api Simpang Haru Kota Padang Ditinjau dari Fiqih Muamalah” ditulis oleh Intan Rahmalia, NIM. 1313030068 pada Fakultas Syari’ah Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya Pelaksanaan penjualan tiket yang dibatasi, dimana setiap satu orang pembeli hanya boleh membeli maksimal empat tiket untuk satu jam keberangkatan. Selain itu, dalam praktek penjualan tiket yang dilakukan oleh PT. KAI di Padang, di Stasiun tersebut juga tidak menyediakan tiket pulang pergi. Dari praktek penjualan tiket yang dilakukan oleh PT. KAI kota Padang tersebut membuat sebagian pengguna jasa kereta api PT. KAI Kota Padang merasa kecewa atau merasa kurang terbantu dengan adanya aturan yang membatasi pembelian tiket dan tidak adanya tiket pulang pergi tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana pandangan fiqih muamalah terhadap sistem penjualan tiket kereta api yang terjadi di Stasiun Kereta Api Simpang Haru kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian field research ini penulis mengumpulkan data dengan melakukan wawancara dengan nara sumber yang terkait dengan masalah yang penulis angkat. Selanjutnya untuk mengolah data yang didapatkan dari lapangan, dan juga akan melakukan penelitian kepustakaan (library research) sebagai langkah dalam menghimpun data sekunder, yaitu dengan membaca, mempelajari, menganalisa literatur / buku-buku, dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Sedangkan teknik analisis yang penulis gunakan adalah teknik analisis data kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan metode berfikir rasional, kritik, analitik data-data yang telah terkumpul diolah dan dianalisis dengan mencari hubungannya dari variabel-variabel data yang tersedia serta dihubungkan antara satu data dengan data yang lain. Berdasarkan hasil penelitian ini, kebijakan yang dikeluarkan oleh PT. KAI di Padang tentang pemberlakuan pembatasan pembelian tiket kereta api ini mempunyai alasan yaitu adanya SOP, upaya untuk penertiban pelayanan guna untuk kepentingan para penumpang dan pihak kereta api itu sendiri, serta untuk menghindari praktek percaloan. Sedangkan faktor penyebab PT. KAI di Padang tidak menyediakan tiket pulang pergi adalah karena Setiap stasiun pemberhentian menjual tiket, agar tiket dapat terjual secara merata di setiap Stasiun dan untuk menegakkan keadilan dan disiplin baik kepada pembeli dan petugas dalam transaksi penjualan tiket. Berdasarkan tinjauan fiqih muamalah dapat diketahui bahwa sistem penjualan tiket kereta api yang penjualannya dibatasi oleh pihak PT. KAI di Padang adalah mubah (boleh), karena tujuan yang ditetapkan tersebut merupakan kemaslahatan bagi kedua belah pihak yaitu penjual sebagai PT. KAI di Stasiun Simpang Haru kota Padang dan pembeli tiket kerta api di Stasiun Simpang Haru kota Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Users 22 not found. |
Date Deposited: | 14 Aug 2018 03:52 |
Last Modified: | 14 Aug 2018 03:52 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/947 |
Actions (login required)
View Item |