“Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 05 Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota”

Ganti Permata, Bunda (2020) “Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 05 Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota”. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN ABSTRAK)
Cover,pembimbing,abstrak.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1-converted.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2-converted.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB 3-converted.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV-converted.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V-converted.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img] Text (GABUNGAN KESELURUHAN)
Full thesis Ganti permata bunda.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 05 Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota”. Ditulis oleh Ganti Permata Bunda, NIM 1414070675Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam belajar Matematika kelas IV SDN 05 Koto Baru Simalanggang, yang sebagian besar belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan sekolah nilai 75. Hal ini disebabkan oleh sebagian besar peserta didik merasa sulit dalam belajar Matematika. Berdasarkan observasi awal penulis mengetahui bahwa peserta didik mulai mengalami kesulitan belajar matematika di kelas IV, kesulitan yang dialami peserta didik yaitu kesulitan dalam memahami konsep matematika. Selain kesulitan memahami konsep matematika peserta didik juga sering minta izin keluar kelas saat pelajaran berlangsung, sering mengganggu teman saat belajar. Berdasarkan masalah yang ada peneliti memfokuskan penelitian pada “Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep MatematikaPeserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 05 Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) kesulitan apa saja yang ditemui peserta didik dalam memahami konsep matematika; (2) apa saja faktor yang menyebabkan kesulitan memahami konsep matematika bagi peserta didik pada mata pelajaran matematika; (3) apa saja usaha pendidik dalam mengatasi kesulitan memahami konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui kesulitan yang ditemui peserta didik dalam memahami konsep matematika; (2) untuk mengetahui faktor penyebeb terjadinya kesulitan memahami konsep; (3) untuk mengetahui usaha pendidik dalam mengatasi kesulitan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Subjek yang diteliti adalah pendidik dan peserta didik di kelas IV SDN 05 Koto Baru Simalanggang, yang berjumlah satu orang pendidik dan 16 orang peserta didik. Objek yang diteliti berupa lembar wawancara, lembar angket, tes soal pemahaman konsep, kemudian lembar dokumentasi bukti diadakan penelitian tersebut. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui kesulitan yang ditemui dalam memahami konsep matematika oleh peserta didik, yakni kesulitan dalam menyatakan ulang konsep, dan kesulitan dalam menyajikan konsep berbagai bentuk representasi matematis.Faktor penyebab kesulitan belajar matematika yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal kesulitan belajar matematika adalah sikap dalam belajar, sedangkan faktor eksternal kesulitan belajar matematika adalah faktor guru, dan sekolah. Pendidik telah berusaha semaksimal mungkin mengatasi kesulitan pemahamn konsep peserta didik dalam mata pelajaran matematika dengan dengan cara pendidik menjelaskan materi pelajaran ,pendidik menggunakan metode pembelajaran, dan menggunakan media dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2020 05:59
Last Modified: 27 Aug 2020 05:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/9012

Actions (login required)

View Item View Item