Pengalaman Influencer Mengelola Akun Instagram dalam Membangun Personal Branding (Studi Fenomenologi Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang)

Lisa Arischa, Lisa (2020) Pengalaman Influencer Mengelola Akun Instagram dalam Membangun Personal Branding (Studi Fenomenologi Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang). Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER-dikonversi-digabungkan (1).pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1-dikonversi.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB 3X-dikonversi.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IVX-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB VX-dikonversi.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAANX-dikonversi.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img] Text (FILE GABUNGAN)
COVER-dikonversi-digabungkan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul“Pengalaman Influencer Mengelola Akun Instagram dalam Membangun Personal Branding (Studi Fenomenologi Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang)”, yang ditulis oleh Lisa Arischa, NIM 1612010076. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang Tahun 2020. Personal Branding menjadi unsur yang penting dan harus dipenuhi bagi setiap Influencer untuk bisa bertahan di media sosial Instagram.Maka dari itu, diperlukanpengelolaan akun instagram yang tepat guna membangun Personal BrandingInfluencer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengalaman Influencer mengelola akun instagram yang meliputi pengelolaan kolom identitas, dokumen media, serta melihat respon serta interaksi dengan Followers, dan relevansi personal branding InfluencerMahasiswa UIN Imam Bonjol Padang di Instagram dengan di dunia sosialnya. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang hanya menggambarkan situasi, peristiwa, atau fenomena yang terjadi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan wawancara, yaitu mengumpulkan data berupa foto atau video yang diposting di Instagram, serta melakukan wawancara dengan informan penelitian.Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah lima Influencer Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang. Metode penelitian yang digunakanoleh peneliti adalah studi fenomenologi, yaitu melihat makna dari pengalaman Influencer mengelola akun Instagram dalam membangun personal branding.Serta peneliti menggunakan teori media siberdan pengelolaan kesan. Peneliti memperoleh hasil bahwa dalam membangun Personal Branding diperlukan pengelolaan kolom identitas serta dokumen media. Pada kolom identitas, Influencer mencantumkan identitas sesuai dengan personal branding yang ingin dibangun, lalu pada level dokumen media, foto atau video yang diunggah juga harus sesuai dengan brand yang ingin dibangun. Peneliti juga melihat Personal branding bisa semakin langgeng dengan adanya penggemar yang rutin berinteraksi di kolom komentar Instagram. Untuk mencapai itu, Influencer Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang memanfaatkan adanya penggunaan fitur pada Instagram yakni tag, hashtag, dan caption yang sesuai.Adanya kesesuaian brand Influenceryang ia bangun di Instagram dengan dunia sosialnya juga akan membuat personal branding Influencer menjadi kuat.Semua kegiatan yang dilakukan Influencer Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang di Instagram merupakan bentuk pengelolaan kesan. Proses pengelolaan kesan sesuai kesan yang ingin ditampilkan sangat mempengaruhi keberhasilan dalam membangun personal branding.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 14 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2020 08:04
Last Modified: 24 Jul 2020 08:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/8929

Actions (login required)

View Item View Item