Pengembangan Model Kontekstual Pada Mata Kuliah studi Hadis di Universitas Islam Negeri Sultan syarif Kasim Riau

Yuliharti, Yuliharti (2017) Pengembangan Model Kontekstual Pada Mata Kuliah studi Hadis di Universitas Islam Negeri Sultan syarif Kasim Riau. Doctoral thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
kover abtrak.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
13BabI(1).pdf - Published Version

Download (556kB)
[img] Text (Bab II)
14BabII(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (946kB)
[img] Text (Bab III)
15BabIII(2).pdf - Published Version

Download (467kB)
[img] Text (Bab IV)
16BabIVedittertutup.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
17BABV.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img] Text (Daftar Pustaka)
18daftarkepustakaanok.pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text (Gabungan)
Gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)

Abstract

Yuliharti NIM: 88312215 Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual pada mata kuliah Studi Hadis di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau: Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol, Padang, 2017. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Studi Hadis di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau saat ini adalah model/strategi pembelajaran yang direncanakan dan diterapkan dosen belum mengarah pada penciptaan pembelajaran yang bermakna bagi mahasiswa yaitu pembelajaran yang melibatkan mahasiswa secara penuh dalam menemukan materi pembelajaran, menghubungkannya dengan pengalaman dan konteks kehidupan mereka, sehingga pembelajaran belum meninggalkan kesan yang mendalam bagi setiap mahasiswa dan hasil belajar yang dicapai belum sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan model pembelajaran kontekstual pada mata kuliah Studi Hadis agar mahasiswa mengalami pembelajaran yang bermakna serta mengetahui tingkat validitas, kepraktisan, keefektifan dan kemenarikannya agar permasalahan di atas dapat teratasi. Jenis penelitian adalah Research and Development ( R & D) dengan model pengembangan Four D. Sumber data dosen dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis kualitatif untuk data kualitatif dan analisis deskriptif dengan persentase untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Studi Hadis di UIN Suska Riau berpedoman pada silabus atau SAP yang bervariasi. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi dan metode yang masih bercorak konvensional seperti ceramah, diskusi dan tanya jawab. Penilaian yang dilakukan dosen pengampu mata kuliah masih menekankan penilaian hasil pembelajaran aspek kognitif. Problemanya adalah perencanaan yang dibuat belum menggambarkan proses pembelajaran yang mengaktifkan setiap mahasiswa dalam menemukan materi dan belum berkaitan dengan pengalaman nyata dalam kehidupan. Pelaksanaan pembelajaran yang terjadi belum dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi mahasiswa. Hasil belajar yang dicapai belum sesuai dengan yang diharapkan. Dengan mengikuti penelitian pengembangan model Four D dihasilkanlah model pembelajaran kontekstual pada mata kuliah Studi Hadis dengan beberapa perangkat pembelajarannya, yaitu Rencana Pembelajaran Semester Studi Hadis, buku Panduan Model, buku Teks Mahasiswa, dan buku Pegangan Dosen. Melalui validasi pakar dan ujicoba terbatas, diketahui bahwa hasil uji kelayakan instrumen validasi produk menunjukan layak digunakan (LD), hasil validasi seluruh perangkat menunjukan valid, hasil uji coba terbatas menunjukan bahwa model pembelajaran kontekstual pada mata kuliah Studi Hadis adalah praktis, efektif dan menarik. Kata Kunci: Pengembangan, Model Kontekstual, Studi Hadis

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: S3 Pendidikan Islam s3pi
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:09
Last Modified: 08 Aug 2018 04:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/888

Actions (login required)

View Item View Item