MENGHADIRKAN WAJAH GURU DALAM ZIKIR DI MUSHALLA TANJUNG BUNGA KECAMATAN BONJOL KABUPATEN PASAMAN (STUDI LIVING QUR'AN)

EDI, SUPANDI (2020) MENGHADIRKAN WAJAH GURU DALAM ZIKIR DI MUSHALLA TANJUNG BUNGA KECAMATAN BONJOL KABUPATEN PASAMAN (STUDI LIVING QUR'AN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM IMAM BONJOL.

[img]
Preview
Text (COVER, ABSTRAK, PERSETUJUAN PEMBIMBING)
a. Cover, Persetujuan Pembimbing dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I ABG.pdf - Published Version

Download (813kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II ABG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III ABG.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV ABG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
c. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img] Text (FILE GABUNGAN)
d. SKRIPSI EDI SUPANDI (Gabungan).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Menghadirkan Wajah Guru dalam Praktek Zikir di Mushalla Tanjung Bunga Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman (Studi Living Qur’an)” ditulis oleh Edi Supandi. NPM. 1315030113 Program Studi Tafsir Hadis Jurusan Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi ini merupakan sebuah penelitian ilmiah yang berusaha mengkaji ayat-ayat tentang berbuat baik yang terdapat dalam al-Qur’an. Masalah yang terdapat dalam pembahasan ini adalah bagaimana menghadirkan wajah guru dalam praktek zikir di Mushalla Tanjung Bunga Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman (studi living Qur’an). Sedangkan batasan masalah yang terdapat dalam pembahasan ini yaitu bagaimana praktek zikir dengan menghadirkan wajah guru di Mushalla Tanjung Bunga Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman, apa argumen dasar dari menghadirkan wajah guru di Mushalla Tanjung Bunga Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman, dan apa manfaatnya bagi jama’ah menghadirkan wajah guru di Mushalla Tanjung Bunga Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman. Untuk mengupas persoalan tersebut, penulis melakukan penelitian melalui penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif analisis, yaitu penelitian dengan mengumpulkan data di lapangan dan menganalisa serta menarik kesimpulan dari data tersebut. Sumber pengumpulan data adalah guru mursyid dan beberapa jama’ah zikir Mushalla Tanjung Bunga serta bahan-bahan lain yang relevan dengan pembahasan ini. Berpijak dari data yang penulis peroleh, dapat disimpulkan: bahwa menghadirkan wajah guru dalam praktek zikir dengan cara mandi taubat, berbai’at, dan sholat sunat hajat. Setelah itu laksanakan zikir dengan kalimat ALLAH...ALLAH, dimulai setelah sholat Isya sampai jam 23.00 wib. Zikir yang dilakukan harus sesuai dengan peraturan yang diajarkan oleh guru mursyid. Sedangkan argumen dasar menghadirkan wajah guru dalam praktek zikir terdapat dalam QS. al-Maidah ayat 35, al-Isra Ayat 57, at-Taubah ayat 119, al-Kahfi ayat 28, dan al-Maidah ayat 55-56. Manfaat dari menghadirkan wajah guru dalam praktek zikir yaitu: dengan menghadirkan wajah guru dalam praktek zikir akan membawa ingatan kita kepada Allah SWT dan dapat mengenal langkah-langkah malaikat maupun syetan, dapat membuka pintu kehadiran Allah dan wasillah kepada Nabi dan kepadanya, dapat bertambahnya rasa iman dan taqwa, mendatangkan ketenangan dalam hati, menghilangkan resah dan gelisah, menjinakkan pikiran hati yang liar, melahirkan rasa kasih dan cinta kepada Maha Pencipta dan kepada makhluk ciptaanNya. Selain dari itu, kita diperintah Allah supaya bersama-sama orang-orang yang benar baik pada rupa maupun pada makna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Psicology Teology Religion > BL Religion
Psicology Teology Religion > BL Religion > Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Users 37 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2020 00:50
Last Modified: 22 Sep 2020 00:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/8866

Actions (login required)

View Item View Item