Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Materi Sistem Koordinat Kartesius Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII SMPN 8 Payakumbuh

Tuti, Azizah (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Materi Sistem Koordinat Kartesius Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII SMPN 8 Payakumbuh. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.doc - Published Version

Download (285kB)
[img]
Preview
Text (Cover, persetujuan pembimbing, dan abstrak)
COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (748kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (640kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img] Text (FILE GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tuti Azizah : NIM. 1514040046 Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Materi Sistem Koordinat Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII SMPN 8 Payakumbuh Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMPN 8 Payakumbuh. Beberapa faktor penyebab yang melatarbelakangi hal tersebut adalah minimnya bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berisikan soal latihan pemecahan masalah, pendekatan pembelajaran yang kurang tepat, dan jarang membiasakan peserta didik untuk meyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Dengan demikian, hal tersebut mendasari peneliti untuk mengembangkan LKPD dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMPN 8 Payakumbuh yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang dikemukakan oleh Dick and Carry (1998), yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu Analysis, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap ini dibatasi sampai pada tahap Implementation. Tahap analysis terdiri dari: a) analisis peserta didik dan pendidik; b) analisis konsep; c) analisis silabus; d) analisis literatur; dan e) perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design terdiri dari: a) perancangan LKPD; dan b) perancangan instrumen penelitian. Tahap develop terdiri dari uji validitas (self evaluation dan expert rewiew). Tahap implementaton terdiri dari: a) uji praktikalitas (one to one evaluation, small group), dan b) uji efektivitas. Penelitian ini menghasilkan LKPD berbasis CTL materi sistem koordinat untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMPN 8 Payakumbuh yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian dari 5 validator, LKPD yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata 84,66%, skor ini termasuk dalam kriteria sangat valid. Berdasarkan uji praktikalitas yang dilakukan oleh 3 orang pendidik dan 12 orang peserta didik menunjukkan bahwa LKPD yang telah direvisi mendapatkan skor rata-rata 86,88% baik dari segi tampilan, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu pengerjaan LKPD. Kemudian berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah dinyatakan berhasil dengan perolehan skor rata-rata 86, 25%. di atas KKM dan memenuhi kriteria efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2020 03:56
Last Modified: 14 Sep 2020 03:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/8714

Actions (login required)

View Item View Item