Dr. Remiswal., S.Ag, MP.d, Remiswal and Dr. Milya Sari., M.Pd, M.Si, Milya (2018) penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap motivasi belajar ipa fisika kelas VIII MTsN 1 Lembah Gumanti. Skripsi thesis, UIN IB padang.
|
Text (cover)
cover ASLI.pdf - Published Version Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (halaman pengesahan)
IMG_20180306_0002.pdf - Published Version Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
BAB I DESI BARU.pdf - Published Version Download (162kB) | Preview |
|
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Download (221kB) | Preview |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
||
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Download (98kB) |
||
Text
FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (869kB) |
Abstract
ABSTRAK ABSTRAK Desi Trisani,412.608 , Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII MTsN I Lembah Gumanti,Skripsi: Jurusan Tadris IPA Konsentrasi Fisika Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018. 189 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar fisika peserta didik anggapan peserta didik bahwa fisika pelajaran yang sulit dan membosankan pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik kurang memperhatikan penjelasan pendidik, hal tersebut tampak ketika pendidik memberikan pertanyaan, peserta didik tidak bisa menjawab. Ketika pendidik menjelaskan materi pelajaran di depan kelas, sebagian besar peserta didik tidak memiliki motivasi untuk mengikuti pelajaran. Peserta didik sibuk dengan kegiatan masing-masing., banyak peserta didik yang kurang tertarik dalam belajar dan pembelajarannya juga terlalu monoton di MTsN I Lembah Gumanti. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar fisika siswa banyak yang masih di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 75. Hal ini di sebabkan karena strategi pembelajaran yang digunakan masih belum sesuai dengan kondisi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar fisika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN I Lembah Gumanti. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah ramdomized control group only design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa/I kelas VIII_A- VIII_eMTsN I Lembah Gumanti Tahun Pelajaran 2016/2017 untuk mengambil sampel dalam penelitian ini digunakan teknik cluster random sampling. Diperoleh kelas VIII_dsebagai kelas eksperimen dan VIII_asebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan uji-t karena data yang diperoleh terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Hasil analisis data yang diperoleh kelas eksperimen motivasi belajar peserta didik lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal tersebut tampak dari pencapai rata-rata hasil Angket belajar peserta didik. Kelas eksperimen mampu mencapai rata-rata eksperimen dengan Rata rata 103,4 sedangkan kelas kontrol rata-rata 95,5. berdasarkan analisis data aspek motivasi diperoleh, thitung > ttabel = 6,932 > 1,667 pada taraf nyata 0,05. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung>ttabel , sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hal diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Pembelajaran Picture and Picture memberikan motivasi yang lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional kata kunci : motivasi,picture and pictue
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 08 May 2018 03:37 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 03:38 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/845 |
Actions (login required)
View Item |