Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan

Wila Aprilia, Safitri (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (cover, persetujuan pembimbing, abstrak)
COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img]
Preview
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img] Text (skripsi gabungan)
SKRIPSI GABUNGAN WILA APRILIA SAFITRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis konstruktivisme yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D (Four-D Model) yang meliputi define, design, develop dan disseminate. Tahap pendefenisian (define) terdiri dari analisis awal, analisis kurikulum, analisis konsep, analisis peserta didik dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap perancangan (design) terdiri dari perancangan perangkat pembelajaran berbasis konstruktivisme, perancangan instrumen dan validasi instrumen penilaian perangkat pembelajaran. Tahap pengembangan (develop) terdiri dari evaluasi sendiri (self evaluation), validasi perangkat pembelajaran oleh tiga orang ahli materi, satu orang ahli bahasa dan satu orang ahli teknologi pendidikan, praktikalitas perangkat pembelajaran dengan angket praktikalitas, observasi, dan wawancara serta efektivitas perangkat pembelajaran dengan tes kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis konstruktivisme memenuhi kriteria sangat valid mengacu pada hasil penilaian validator dengan rata-rata nilai validitas 83,99%. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan berdasarkan hasil angket, obsevasi dan wawancara dengan rata-rata 82,59% oleh pendidik dan 85,73% oleh peserta didik. Perangkat pembelajaran matematika ini juga memenuhi kriteria sangat efektif dengan rata-rata nilai hasil tes kemampuan pemahaman konsep peserta didik sebesar 88,17. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis konstruktivisme dengan kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:26
Last Modified: 16 Sep 2020 02:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/8426

Actions (login required)

View Item View Item