lidya, gusti ayu (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 BATANG KAPAS. Skripsi thesis, uin ib padang.
|
Text (cover,dkk)
Cover dkk.pdf - Published Version Download (306kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (417kB) | Preview |
|
![]() |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Download (683kB) | Preview |
|
![]() |
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (927kB) |
|
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (245kB) | Preview |
|
![]() |
Text (skripsi lengkap)
Skripsi lengkap.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Lidya Gusti Ayu NIM. 1514040100 Pengaruh Pembelajaran Raelistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Batang Kapas. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMPN 1 Batang Kapas. Untuk itu digunakan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) di kelas VIII SMPN 1 Batang Kapas tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan penelitian adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Batang Kapas Tahun Ajaran 2019/2020. Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata untuk semua kelas populasi, dan setelah semua kelas diketahui sebaran nilainya normal, homogen serta memiliki kesamaan rata-rata maka dilakukan pemilihan secara acak. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.4 dan kelas kontrol adalah kelas VIII.3 Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah tes akhir belajar diberikan pada kedua kelas sampel sebanyak 5 soal essay. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen yang diajar dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang tidak diajar dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen adalah 79,03, sedangkan rata-rata kemampuan pemecahan peserta didik kelas kontrol adalah 65,87. Pengolahan data terakhir melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Dari perhitungan kemampuan pemecahan masalah thitung>ttabel (3,76 > 1,6711) dengan α = 0,05 pada selang kepercayaan 95%, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya hipotesis diterima. Maka dapat disimpul kan bahwa pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang tidak diajar dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 06:57 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 06:57 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/8375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |