PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MTsN 3 SOLOK SELATAN

Yanti, Indri (2020) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MTsN 3 SOLOK SELATAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover dkk.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PERSETUJUAN PEMBIMBING)
20200302231419.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV Indri.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

v ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MTsN 3 Solok Selatan” yang disusun oleh Indri Yanti, 1614010054, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Pendidikan karakter merupakan hal yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, karena tanpa karakter seseorang akan mudah melakukan sesuatu apapun yang dapat menyakiti dan menyengsarakan orang lain. Sekolah sebagai bagian dari lingkungan memiliki peran yang sangat penting, maka sekolah harus melakukan upaya untuk membentuk karakter peserta didik. Salah satu upaya pendidikan karakter saat ini ba nyak dilakukan oleh sekolah-sekolah dengan menciptakan atau membentuk kegiatan esktrakurikuler yang telah melaksanakan pendidikan karakter yang sudah terakreditasi A, dengan pertanyaannya adalah bagaimana bentuk-bentuk kegiatan esktrakurikuler keagamaan di MTsN 3 Solok Selatan, nilai-nilai karakter apa saja yang diinternalisasikan dari kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTsN 3 Solok Selatan, bagaimana strategi penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di MTsN 3 Solok Selatan dan bagaimana dampak ekstrakurikuler keagamaan terhadap karakter siswa di MTsN 3 Solok Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MTsN 3 Solok Selatan terutama bentuk-bentuk esktrakurikuler di MTsN 3 Solok Selatan, nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan dari kegiatan esktrakurikuler di MTsN 3 Solok Selatan, strategi penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan esktrakurikuler di MTsN 3 Solok Selatan dan dampak esktrakurikuler terhadap karakter siswa di MTsN 3 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan data sesuai apa adanya di lapangan. Sumber data primer adalah kepala sekolah dan wakil kurikulum, sedangkan sumber data sekundernya pegawai TU, guru dan siswa di MTsN 3 Solok Selatan. Teknik dan alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) bentuk-bentuk ekstrakurikuler dilakukan dengan cara wawancara atau observasi mengenai macam-macamnya, tujuan, Pembina, waktu, sarana dan prasarana. 2) nilai-nilai karakter yang ditemukan adalah nilai agama, mandiri, nasional, gotong royong dan integritas. 3)strategi nya adalah dengan menggunakan, melalui nasihat dan memberi perhatian, 4)dampak esktrakurikuler terhadap Akhlak peserta didik, ibadah fardhu peserta didik dan ibadah sunnah peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Referensi Umum dan Terbitan Berseri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2020 02:08
Last Modified: 22 Aug 2020 02:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/8354

Actions (login required)

View Item View Item