HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 PARIAMAN

REFNI, TATI (2018) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 PARIAMAN. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover,persetujuan pembimbing,abstrak)
Cover, Persetujuan, dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (534kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka Ok perbaikan.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
Refni Tati 1314030258.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Hubungan Komunikasi Interpersonal dengan Penyesuaian Diri Peserta Didik SMP Negeri 3 Pariaman, ditulis oleh Refni Tati NIM 1314030258 Jurusan MPI (Manajemen Pendidikan Islam), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi dan wawancara di lapangan yang menunjukkan masih adanya peserta didik yang memiliki komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri yang kurang, sehingga peserta didik akan mengalami permasalahan berkomunikasi dan permasalahan penyesuaian diri dengan guru, teman sebaya, mata pelajaran, serta menunjukkan perilaku yang negative. Permasalahan dalam penelitian ini antara lain : (1) Bagaimana kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik SMP Negeri 3 Pariaman,(2) Bagaimana penyesuaian diri peserta didik SMP Negeri 3 Pariaman, (3) Adakah hubungan antara komunikasi interpersonal dengan penyesuaian diri peserta didik SMP Negeri 3 Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan komunikasi interpersonal peserta didik di SMP Negeri 3 Pariaman, mendeskripsikan penyesuaian diri peserta didik di SMP Negeri 3 Pariaman dan mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dengan penyesuaian diri peserts didik SMP Negeri 3 Pariaman. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian korelasional dan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian yaitu peserta didik yang berjumlah 748 orang diambil sampelnya sebanyak 80 peserta didik.Teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling . Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20. Berdasarkan hasil penelitian komunikasi interpersonal , diperoleh 11 atau 14% peserta didik memperoleh komunikasi interpersonal kategori tinggi, 56 atau 70% kategori sedang, 13 atau 16% kategori rendah. Hasil penelitian penyesuaian diri peserta didik diperoleh 16 atau 20% peserta didik pada kategori tinggi, 55 atau 69% kategori sedang, 9 atau 11% kategori rendah. Hasil uji korelasi komunikasi interpersonal dengan penyesuaian diri peserta didik diperoleh r hitung = 0,539, jika dibandingkan dengan r tabel taraf signifikan 5% yaitu 0,220 dan 1% yaitu 0,286. Karena r hitung > r tabel, maka Ha diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan penyesuaian peserta didik di SMP Negeri 3 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 27 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2018 01:20
Last Modified: 07 Aug 2018 01:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/831

Actions (login required)

View Item View Item