USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM UPAYA MEMBINA KEPRIBADIAN SISWA (Studi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bayang)

LUCI RAHMADANI, LUCI (2020) USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM UPAYA MEMBINA KEPRIBADIAN SISWA (Studi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bayang). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM IMAM BONJOL.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover sampai daftar pustaka (Gabungan Keseluruhan).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I LUCI (26 FEBRUARI 2020).pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II LUCI (26 FEBRUARI 2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III LUCI (26 FEBRUARI 2020).pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV LUCI (26 FEBRUARI 2020).pdf - Published Version

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V LUCI 26 FEBRUARI 2020.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FILE GABUNGAN)
Cover sampai daftar pustaka (Gabungan Keseluruhan).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Luci Rahmadani, NIM. 088172700, “Usaha Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional dalam Upaya Membina Kepribadian Siswa (Studi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bayang)". Prodi Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Padang, 2019. Emosional siswa seperti kemampuan mengendalikan perasaan adalah kurang, karena mereka terlalu mudah terpancing emosi sehingga terjadi perkelahian. Sedangkan kemampuan sosial kurang baik seperti adanya kebiasaan contek ketika ujian. Selain itu, sering datang terlambat dan kurang pandainya mengisi waktu luang ketika guru berhalangan hadir. Pokok persoalan dalam penelitian ini adalah; a. Usaha guru meningkatkan kesadaran diri siswa; b. Usaha guru meningkatkan pengaturan diri siswa; c. Usaha guru meningkatkan motivasi siswa; d. Usaha guru meningkatkan sikap empati siswa atau mengenali emosi orang lain; e. Usaha guru meningkatkan keterampilan sosial siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha guru meningkatkan kesadaran diri siswa, pengaturan diri siswa, meningkatkan motivasi siswa, meningkatkan sikap empati siswa atau mengenali emosi orang lain dan meningkatkan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer ialah guru PAI, sumber data sekunder ialah Wali Kelas, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Kesiswaan. Adapun teknik analisa data yang digunakan ialah; reduksi data, display data, dan penyederhanaan data. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis temukan bahwa; 1) Usaha guru meningkatkan kesadaran diri siswa di SMPN 2 Bayang yaitu memberi keteladanan, pemberi pujian, anjuran atau ajakan, pembiasaan, teguran, hukuman; 2) Usaha guru meningkatkan pengaturan diri siswa di SMPN 2 Bayang ini dilakukan dengan cara pencegahan, penekanan/peringatan dan juga penyembuhan. Sedangkan beberapa metode yang diterapkan, yaitu metode taklim, metode keteladanan, dan metode memberi nasihat; 3) Usaha guru meningkatkan motivasi siswa di SMPN 2 Bayang; a. Motivasi yang rendah, usaha yang dilakukan ialah memberikan imbalan; b. Motivasi yang sedang, usaha yang dilakukan ialah memberikan angka, memberikan tugas dan mengadakan ulangan; dan c. Motivasi yang tinggi, usaha yang dilakukan ialah meningkatkan kualitas guru dan menumbuhkan minat; 4) Usaha guru dalam meningkatkan sikap empati siswa di SMPN 2 Bayang adalah; a. Mengajarkan siswa mandiri dalam menyelesaikan konflik; b. Membiasakan siswa bersikap sopan dan tidak membedakan teman; c. Memberikan aktivitas berkelompok; d. Memberikan tontonan film tentang kepedulian pada sesama; e. Menjadi teladan yang baik dalam hal kepedulian pada sesama; 5) Usaha dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bayang ialah dengan menerapan beberapa pendekatan yaitu pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan, pendekatan emosional, pendekatan rasional, pendekatan fungsional, pendekatan keteladanan dan pendekatan terpadu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2020 02:10
Last Modified: 03 Dec 2020 02:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/8060

Actions (login required)

View Item View Item