anggi, angelia (2017) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA DENGAN PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) UNTUK KELAS VIII SMP MATERI GERAK DAN GAYA. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
Text
cover.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
abstrak.pdf Download (16kB) | Preview |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (20kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) |
||
Text
DAFTAR TABEL DAN GAMBAR.pdf Download (21kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (72kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (87kB) |
||
|
Text
BAB III1.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
||
Text
lampiran.pdf Download (31MB) |
||
Text
skripsi full ANGGI ANGELIA.pdf Download (34MB) |
Abstract
ABSTRAK Anggi Angeia, 1314080609, Pengembangan Modul Fisika Dengan PendekatanScience Environment, Technology, and Society (SETS) Untuk Kelas VIII SMP Materi Gerak Dan Gaya, Skripsi : Tadris IPA-FISIKA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2017. 98 halaman. Penelitian ini didasari pada proses pembelajaran fisika yang masih berlangsung secara konvensional, kurangnya minat baca peserta didik, kesulitan peserta didik memahami materi yang disampaikan, kesulitan belajar bagi peserta didik jika tidak didampingi pendidik. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu mengembangkan modul pembelajaran fisika dengan Pendekatan (SETS).Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan Menghasilkan modul fisika dengan Pendekatan (SETS) pada materi gerak dan gaya dengan kualitas produk valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan model pengembangan 4D model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan Semmel dan Semmel. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu define,desaign,develop,disseminate, atau diadaptasi menjadi model 4-P, yaitu penefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyeberan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan angket efektifitas, yang dianalisis menggunakan skala Likert. Uji validitas meliputi validitas angket oleh 3 orang dosen. Selanjutnya, untuk modul fisika dengan Pendekatan SETS validitas oleh 5 orang dosen di UIN Imam Bonjol Padang. Uji praktikalitas terhadap modul fisikadengan Pendekatan SETSdapat dilihat dari lembar angket praktikalitas oleh 2 orang pendidik IPAdan 29 orang peserta didik kelas VIIIdi SMPN 1 Tigo Nagari. Uji efektivitas meliputi efektivitas angket minat baca peserta didik terhadap modul fisika dengan Pendekatan SETS diisi oleh 32 orang peserta didik kelas VIIIg di SMPN 1 Tigo Nagari. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan modul fisika dengan Pendekatan SETS dengan kualitas produk valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi modul fisika dengan Pendekatan SETS dalam aspek materi oleh 2 orang validator diperoleh hasil 81 dengan kategori sangat valid, hasil validasi media oleh 2 orang validator adalah 98.88 dengan kategori sangat valid, hasil validasi bahasa oleh 1 orang validator adalah 92 dengan kriteria sangat valid, berdasarkan ketiga aspek validitas diperoleh hasil validitas produk yaitu dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas produk oleh 2 orang pendidik adalah 97.14 dengan kriteria sangat praktis. Hasil praktikalitas oleh 29 orang peserta didik kelas VIIIb adalah 92.6 dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji efektifitas penggunaan oleh 32 orang peserta didik kelas VIIIg adalah 91.24 dengan kriteria sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa modul fisika dengan Pendekatan SETS materi gerak dan gaya untuk peserta didik kelas VIII memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. kata kunci: modul, Science Environment, Technology, and Society (SETS)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2018 05:13 |
Last Modified: | 01 Aug 2018 05:13 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/801 |
Actions (login required)
View Item |