PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GUIDED NOTE TAKING PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 12 PADANG

MARLINA, MARLINA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GUIDED NOTE TAKING PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 12 PADANG. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img]
Preview
Text (Cover, abstrak dan persetujuan)
COVER ABSTRAK, DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (792kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Judul skripsi ini adalah Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Guided Note Taking pada Siswa Kelas XI SMAN 12 Padang, ditulis oleh Marlina, NIM: 412086, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PAI siswa kelas XI SMAN 12 Padang yang sebagian besar belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang diterapkan oleh sekolah adalah 75. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking pada pelajaran PAI. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: Apakah hasil belajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking dapat lebih baik dibanding tanpa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan hasil belajar PAI dengan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking dibanding hasil tanpa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (Quasi Eksperimental Research) dengan rancangan penelitian tes hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 12 Padang. Untuk mendapatkan kelas sampel maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak (Random Sampling). Kelas yang terpilih sebagai eksperimen adalah kelas XI IPS.1 dan kelas kontrol adalah XI IPS2. Hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 73.83 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 67.97. Berdasarkan rata-rata hasil belajar kedua kelas tersebut jelas bahwa rata-rata hasil belajar PAI kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Pengelolaan data tes hasil belajar melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t tes pada taraf . Dari perhitungan diperoleh thitung = 2.092 dan ttabel = 1.645 karena thitung > ttabel maka hipotesis H0 ditolak. Dengan demikian H1 diterima pada tingkat kepercayaan 95%. Maka dapat disimpulkan terbukti hasil belajar PAI siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe guided note taking lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan pembelajaran aktif tipe guided note taking pada siswa kelas XII IPS SMAN 12 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2018 05:09
Last Modified: 01 Aug 2018 05:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item