Penerapan Model Aptitude Treatmen Interaction (ATI) Berbantuan Media Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Peserta Didik Kelas XI IPA

Peni Yulianti, Peni (2019) Penerapan Model Aptitude Treatmen Interaction (ATI) Berbantuan Media Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Peserta Didik Kelas XI IPA. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover,persetujuan pembimbing,abstrak)
Cover, Persetujuan Pembimbing dan Abstrak ok-dikonversi (1).pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I ok-dikonversi.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II ok-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III ok-dikonversi.pdf - Published Version

Download (545kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV ok-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V ok-dikonversi.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA ok-dikonversi.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (GABUNGAN KESELURUHAN)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peni Yulianti. Nim 1514080059 “Penerapan Model Aptitude Treatmen Interaction (ATI) Berbantuan Media Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Peserta Didik Kelas XI IPA di SMA N 1 Pantai Cermin”. Jurusan Tadris IPA Konsentrasi Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, 2019, 208 halaman. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMAN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok menunjukkan bahwa peserta didik cendrung pasif dan kemampuan penalaran peserta didik kurang terlatih, pembelajaran masih konvensional, pendidik hanya memberikan rumus-rumus tanpa menggunakan media yang interaktif, menarik, menyenangkan dan tidak membosankan untuk pembelajaran. Akibatnya hasil belajar fisika menunjukkan 29,97% peserta didik yang hasil belajarnya dibawah KKM, yaitu 80. Menyikapi permasalahan tersebut maka peneliti menerapkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) berbantuan media Adobe Flash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran peserta didik setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) berbantuan media Adobe Flash. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan penelitian factorial 2x2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Pantai Cermin tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling dan didapatkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen kemampuan cepat dengan nilai rata-rata 81,6 dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kemampuan lambat dengan nilai rata-rata 77,93. Instrumen penelitian untuk aspek afektif adalah lembar observasi dan aspek kognitif berupa tes hasil belajar fisika terintegrasi kemampuan penalaran dalam bentuk uraian sebanyak 10 buah soal. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah ANACOVA karena data berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen, memiliki kesamaan rata-rata dan memiliki variabel covariat (kemampuan awal peserta didik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kognitif peseta didik dengan rata-rata hasil belajar fisika pada materi teori kinetik gas XI MIPA 1 adalah 92 (mandiri) dan 87,56 (reteaching), sedangkan XI MIPA 2 adalah 88,83 (mandiri) dan 90,56 (reteaching). Hasil belajar pada materi termodinamika kelas XI MIPA 1 adalah 89 (mandiri) dan 88,31 (reteaching) sedangkan XI MIPA 2 adalah 85,92 (mandiri) dan 86,78 (reteaching). Uji anacova didapatkan signifikansi 0,000 pada taraf 0,05 artinya semua variabel mempengaruhi hasil belajar fisika. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran peserta didik menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) berbantuan media Adobe Flash yang di ajarkan menggunakan pembelajaran mandiri dan reteaching di SMAN 1 Pantai Cermin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:24
Last Modified: 23 Aug 2022 01:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item